Pasar Johar Kebakaran: Tiga Alternatif Pasar Darurat Sementara

  • Whatsapp
Pasar Johar yang hangus terbakar. (Foto: IST)
Pasar Johar yang hangus terbakar. (Foto: IST)
Pasar Johar yang hangus terbakar. (Foto: IST)
Pasar Johar yang hangus terbakar. (Foto: IST)

Semarang, Jowonews.com – Penempatan Pasar Rejomulyo sebagai pasar darurat untuk relokasi eks pedagang pasar Johar yangterbakar ternyata belum pasti. Ada beberapa titik alternatif tempat yang memungkinkan menjadi kawasan pasar darurat.

Menurut Kepala Dinas Pasar Pemerintah Kota Semarang Trijoto Sarjoto setidaknya ada tiga tempat alternatif yang nantinya memungkinkan untuk ditempati.  “ada tempat lain yang memungkinkan yaitu di kawasan samping Masjid Agung Jateng” kata Trijoto, Ahad (10/5) kemarin.

Bacaan Lainnya

Trijoto menjelaskan luas tanah di kawasan tersebut seluas 3,5 hektare sehingga dianggap memungkinkan. Tanah tersebut merupakan tanah wakaf Banda Masjid Agung Semarang (MAS) yang berada disamping Masjid Agung Jawa Tengah.

Selain itu, Trijoto mengatakan pihaknya juga sedang mempertimbangan lokasi yang bisa digunakan untuk lapak sementara.  “Depan pasar johar saat ini yakni di sekitar Jalan Agus Salim bisa digunakan untuk berjualan sementara” ungkap Trijoto.

Lebih lanjut Trijoto menyatakan alternatif lain yang menjadi sasaran adalah lantai 3 pasar Bulu, sepanjang Jalan Pattimura dan eks matahari plaza.

Trijoto mengaku masih kesulitan menghitung kerugian yang diderita. Hingga terakhir jumlah kios yang terbakar menurut perhitungan dinas pasar sebanyak 4719 kios, dengan total kios di komplek pasar johar dan yaik ada 6410 kios.

“Jika rata-rata satu kios kerugiannya mencapai 100 juta rupiah maka bisa dibayangkan kerugian totalnya sampai 500 miliar rupiah, namun itu belum pasti” pungkas Trijoto. (JN13)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *