JELANG IDUL ADHA HARGA SAPI NAIK Rp 2 JUTA

  • Whatsapp

TEMANGGUNG, Jowonews.com- Harga sapi kurban di Kabupaten Temanggung Jawa Tengah menjelang Hari Raya Idul Adha naik antara Rp 2 juta hingga Rp 2,5 juta per ekor. Seorang pedagang sapi Sudarsono di Temanggung, Sabtu, mengatakan dalam satu pekan terakhir harga sapi naik berkisar Rp 2 juta hingga Rp 2,5 juta per ekor dibanding hari-hari biasa. “Kenaikan harga tersebut khusus untuk sapi jantan yang biasa dijadikan hewan kurban, sedangkan harga sapi betina tetap stabil,” katanya.
Ia menyebutkan harga sapi yang semula Rp 15 juta per ekor menjadi Rp 17 juta hingga Rp 17,5 juta per ekor dan yang semula Rp 17 juta naik menjadi Rp 19,5 juta.
Ia menuturkan permintaan sapi tahun ini tidak seramai tahun lalu. Memang ada peningkatan permintaan dari hari normal, tetapi tidak seramai tahun lalu.
Berbeda dengan ternak sapi, harga kambing/domba di Temanggung cenderung stabil bahkan sedikit turun.
Seorang pedagang kambing, Marsudi mengatakan untuk kambing/domba dengan berat 30 hingga 40 kilogram harganya cenderung stabil Rp 1,6 juta hingga Rp 1,7 juta per ekor.
Namun, untuk kambing/domba dengan berat 20 kilogram hingga 25 kilogram mengalami penurunan sekitar Rp 200.000 per ekor. Harga kambing/domba dengan berat 20 kilogram hingga 25 kilogram dengan harga Rp 950.000 hingga Rp 1 juta.
Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Temanggung, Slamet Saryono mengatakan untuk memenuhi kebutuhan ternak kurban bisa dicukupi ternak lokal.
“Temanggung bisa mencukupi sendiri kebutuhan hewan kurban, bahkan banyak ternak dari Temanggung dijual ke luar daerah,” katanya.
Ia menyebutkan populasi sapi di Temanggung mencapai 30.115 ekor, sedangkan kambing/domba sekitar 340 ribu ekor. “Setiap tahun penyembelihan sapi di Temanggung hanya 600 ekor sedangkan kambing/domba sekitar 5.000 ekor,” katanya.J10-ant

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *