Harga Kambing Kurban Lebih Murah dari Tahun Kemarin

  • Whatsapp

Ilustrasi ternak kambingJEPARA, Jowonews.com – Ditengah kelesuan ekonomi seperti ini, masyarakat yang ingin melaksanakan kurban sedikit tertolong dengan turunnya harga hewan kurban utamanya kambing. Jika dibandingkan dengan tahun lalu, terjadi penurunan sekitar Rp 200 ribu hingga Rp 300 ribu tiap ekornya.

Alikan, salah satu penjual kambing kurban di Jalan HOS Cokroaminoto Jepara mengungkapkan, berlimpahnya kambing usia potong di Jepara menjadi penyebab penurunan harga ini. Untuk kambing jenis etawa ukuran besar misalnya, pada momen kurban tahun lalu, harganya mencapai Rp 4 juta, saat ini turun menjadi Rp 3,7 juta.

Bacaan Lainnya

“Rata-rata harga kambing yang dijual pedagang memang mengalami penurunan, dan relatif sama antar pedagang. Khususnya pedagang yang mengambil langsung dari peternak. Berbeda jika pedagangnya mengmabl dari pedagang lain, bisa jadi harganya lebih mahal,” ujar Alikan, Senin (21/9).

Alikan menambahkan, kambing yang dijualnya diambil sendiri dari desa-desa yang ada di Kecamatan Welahan seperti Brantak Sekarjati. Saat ini, di sentra-sentra peternak kambing memang tersedia cukup banyak kambing yang sudah layak untuk menjadi hewan kurban, sehingga berpengaruh terhadap harga di pasaran.

“Sejauh ini mayoritas yang membeli justru keluarga yang salah satu anggotanya tengah menunaikan ibadah haji. Mereka membelinya untuk disumbangkan di masjid atau di mushala,” imbuhnya.

Hal yang sama dikemukanan Kondir, pedagang kambing musiman di kawasan Stadion Kamal Junaidi turut Kelurahan Demaan. Mayoritas pembeli selama tiga hari ia membuka dagangan didominasi oleh pengusaha mebel, atau pemiliki gudang mebel. Mereka membeli untuk disembelih di masjid atau mushola di desa masing-masing, maupun di gudang masing-masing. (JN01)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *