Wonosobo Kembangkan Wisata Berbasis Desa

  • Whatsapp
Pesona telaga dieng (pesona warna Indonesia)
Pesona telaga dieng (pesona warna Indonesia)

Wonosobo, Jowonews.com – Kantor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, berupaya menggali potensi pariwisata berbasis desa sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Melalui pengembangan pariwisata berbasis desa, ke depan diharapkan memiliki imbas positif terhadap derajat perekonomian warga,” kata Kepala Kantor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kabupaten Wonosobo, Agus Purnomo, di Wonosobo, Senin.

Bacaan Lainnya

Ia mengatakan salah satu potensi yang bisa dikembangkan, antara lain tradisi baritan di Desa Simbang, Kecamatan Kalikajar hingga saat ini masih dilestarikann.

Ia menuturkan baritan (bubar ngarit selamatan) yang tujuan awal sekadar melestarikan tradisi nenek moyang untuk memuliakan ternak tersebut ke depan bisa dikemas lebih menarik sehingga layak dijadikan sebagai agenda wisata budaya.

Menurut dia dengan masuknya unsur tradisi dan budaya serta penampilan beragam jenis kesenian khas dalam tradisi baritan yang digelar para petani setiap selesai masa panen padi tersebut sangat potensial untuk menarik wisatawan.

Menurut dia baritan memenuhi persyaratan sebagai potensi wisata berbasis desa, mengingat acaranya benar-benar digagas sendiri oleh warga dan didanai secara swadaya serta menampilkan sisi-sisi unik yang dimiliki desa di kaki Gunung Sumbing itu.

Ia mengatakan wisatawan terutama dari mancanegara, sangat tertarik dengan wisata tradisi seperti baritan. “Pada tahun-tahun mendatang, kami mendorong agar baritan bisa dikemas lebih menarik lagi, seperti lebih banyak kesenian yang tampil atau sapi-sapi milik peternak dikirab keliling desa dan dihias,” katanya. (JN16/Ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *