Daging Kurban Harus Masuk Kategori ASUH

  • Whatsapp

Ilustrasi ternak kambingSemarang, Jowonews.com – Jelang hari raya Idul Adha, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah Agus Wariyanto mengatakan bahwa daging hewan kurban yang disembelih pada Idul Adha 1436 Hijriah harus Aman, Sehat, Utuh, dan Halal (ASUH).

“Sebagai institusi pelayanan publik, kami harus turun langsung ke lapangan memantau proses pemotongan hewan kurban agar diperoleh daging yang ASUH,” katanya di Semarang, Selasa.

Bacaan Lainnya

Agus mengungkapkan bahwa proses pemotongan hewan kurban yang berlangsung di masyarakat selama ini kurang ASUH.

Menurut dia, hal tersebut disebabkan kurangnya pengetahuan pengelola hewan kurban atau takmir masjid tentang kesehatan hewan, umur ternak, dan penanganan terhadap hewan ternak. “Oleh karena itu, kami menggiatkan sosialisasi penanganan hewan kurban bagi takmir masjid yang merupakan kegiatan rutin setiap tahun sekaligus rangkaian dari kegiatan bulan bakti Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Jateng,” ujarnya.

Dalam penanganan hewan kurban yang baik, kata dia, hewan yang akan dipotong dipuasakan dulu 12 jam sebelum dipotong, tapi tetap diberi air minum agar diperoleh daging yang baik dan tidak cepat busuk serta isi perut tidak terlalu banyak sehingga lebih mudah dibersihkan. “Selain itu, hewan kurban yang disembelih harus benar-benar dipastikan dalam kondisi sehat agar tidak menularkan penyakit kepada manusia yang mengonsumsi,” katanya. (JN03/Ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *