Kapolri : Penyidik Korupsi Jangan Gegabah

  • Whatsapp

SEMARANG, Jowonews.com-Kapolri Jenderal Badrodin Haiti menegaskan para penyidik perkara tindak pidana korupsi di kepolisian jangan gegabah sampai terkesan mencari-cari kesalahan dari perkara yang diselidikinya.”Jangan sampai terkesan penyidik cari-cari kesalahan,” tegas Kapolri saat rapat koordinasi optimalisasi penyerapan APBN/APBD di Semarang, Selasa.

Hal tersebut, lanjut dia, bisa dicegah oleh Kapolda atau Kapolres dengan menilai data awal yang dimiliki sebelum penyelidikan.

Menurut dia, dalam proses penyelidikan, penyidik harus memiliki data yang komplit serta langkah-langkah yang jelas. “Sebelum turun, data awal apa yang dimiliki. Jangan hanya berdasarkan surat kaleng sudah diselidiki,” katanya.

Hal lain yang ditegaskan Kapolri berkaitan dengan pelaksanaan pekerjaan pembangunan yang dibiayai APBN/APBD.

Jika suatu pekerjaan yang belum selesai pembangunannya, namun ada laporan masuk perihal dugaan penyimpangan, ia mempersilakan hal tersebut diinventarisasi lebih dahulu. “Nanti kalu proses pembangunannya selesai baru diselidiki,” katanya.

Menurut dia, jika suatu proyek infrastruktur yang belum selesai diproses secara hukum, dikhawatirkan akan menyebabkan pekerjaan tidak berjalan.”Hal ini justru akan menimbulkan kerugian berlipat,” tambahnya.

Dalam penanganan tindak pidana korupsi, kata dia, Presiden Joko Widodo telah menggariskan agar masalah kerugian negara harus kongkret, tidak hanya berpotensi merugikan.”Arahan tegas agar tidak menimbulkan keraguan,” ujarnya.Jn16/ant

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *