Sekitar 231,5 Hektare Hutan Gunung Sindoro Dilalap Api

  • Whatsapp

hutanWonosobo, Jowonews.com – Sekitar 231,5 hektare hutan Gunung Sindoro di perbatasan Kabupaten Wonosobo dengan Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, hangus terbakar.

Asisten Perhutani Bagian Kesatuan Pemangku Hutan (BKPH) Wonosobo, Cahyono di Wonosobo, Rabu, mengatakan kebakaran tersebut menghanguskan kawasan hutan di Resor Pemangku Hutan (RPH) Sigedang di petak 16e, 16i, dan petak 18c serta RPH Anggrunggondok di petak 19 dan 21.

Bacaan Lainnya

“Di RPH Sigedang luasan hutan yang terbakar sekitar 164,5 hektare berupa vegetasi rimba campur dan di RPH Anggrunggondok sekitar 67 hektare dengan vegetasi rimba alam,” ungkapnya, Rabu (23/9).

Ia menuturkan kebakaran pertama diketahui di petak 16i RPH Sigedang pada Selasa (22/9) sekitar pukul 18.30 WIB. “Kebakaran tersebut cepat membesar karena kondisi tanaman kering dan tiupan angin sehingga api cepat menyebar,” tuturnya.

Ia mengemukakan upaya pemadaman melibatkan personel Perhutani, TNI/Polri, lembaga masyarakat desa hutan (LMDH) Argo Lestari Desa Lengkong, Kecamatan Garung, SAR dan BPBD Kabupaten Wonosobo, KSDA Wonosobo, pecinta alam, dan Dinas Kehutanan Wonosobo.

Menurut dia pada Rabu sekitar pukul 13.30 api sudah bisa dipadamkan, namun di petak 18 c belum padam, tetapi api sudah mengecil.

Ia menduga kebakaran tersebut akibat ulah dari orang tidak bertanggung jawab. Namun, untuk kepastiannya masih dalam penyelidikan lebih lanjut. “Saat kebakaran tidak ada pendaki an di kawasan tersebut, sehingga tidak mungkin akibat pendaki yang lupa mematikan perapian,” ujarnya. (JN03/Ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *