Jamu Wonosobo Pameran di Suriname

  • Whatsapp

WONOSOBO,Jowonews.com­ Jamu produksi Kelompok Wanita Tani (KWT) Berdikari Wonosobo terpilih mewakili Indonesia dalam Indofair 2015 di Suriname. Jamu hasil olahan home industry tersebut berangkat bersama 13 produk dari seluruh wilayah di Indonesia.

Ketua KWT Berdikari Wonosobo, Sudaryati mengatakan bahwa jamu olahannya tersebut dikerjakan dengan menghimpun 25 anggota wanita lansia. Mereka dihimpun supaya tetap dapat produktif meski usia tak lagi muda.

“Kami bersyukur sekali produk kami dapat diterima dengan baik oleh pihak kedutaan Suriname. Jamu kami langsung dites dan dapat diterima,” ungkapnya.

Setelah dites oleh kedutaan, Sudaryati bersama 13 pengusaha Indonesia lainnya memperoleh nota diplomatik dari Kementerian Luar Negeri Indonesia. Jika tak ada halangan, Sudaryati akan segera bertolak ke Suriname untuk mengikuti Indofair 2015 yang diselenggarakan 28 September­3 Oktober mendatang.

Sudaryati mengatakan jamu yang akan dipamerkan nanti merupakan jamu berbahan jahe merah asli. Setidaknya 60 kilo jahe dalam kemasan akan dibawanya supaya dapat dinikmati masyarakat Suriname.

Sementara itu, Kepala Kantor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Wonosobo, Agus Purnomo mengatakan pihaknya mendukung keberangkatan jamu khas Wonosobo tersebut. Menurutnya produksi jamu lokal memang harus terus dikembangkan supaya dapat dikenal secara luas.

“Kami mendorong ­jamu kita dinikmati tidak hanya secara lokal tapi sekarang malah sampai internasional. Kami memilih jamu dari KWT Berdikari bukan tanpa pertimbangan, melainkan karena memang produk tersebut menurut kami potensial sekali untuk dibawa go internasional. Harapan kami semoga semakin banyak ­pengusaha berbasis ekonomi kreatif bermunculan untuk memajukan perekonomian Wonosobo,” tandasnya.(JN01)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *