Taman Nasional Gunung Merapi Dilalap Jago Merah

  • Whatsapp

tamanMagelang, Jowonews.com – Kawasan Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) di wilayah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, terbakar mulai Rabu (23/9) sekitar pukul 18.00 WIB.

“Hingga Kamis sore kebakaran di kawasan hutan Gunung Merapi masih berlangsung,” kata Kepala Seksi Wilayah I Balai TNGM, Nurpana Sulaksono di Magelang, Kamis (24/9).

Bacaan Lainnya

Ia mengatakan kebakaran terjadi di Blok Gunungpasir, Desa Ngablak, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang yang berada pada ketinggian sekitar 1.000 meter di atas permukaan air laut (mdpl). Ia mengatakan penyebab kebakaran kawasan Merapi tersebut belum diketahui.

Menurut dia kawasan yang terbakar meliputi semak-semak dan sebagian pohon yang ditanam sebagai upaya restorasi kawasan Gunung Merapi pada 2012-2013. Ia menuturkan luasan hutan yang terbakar sekitar 80 hektare. Api berpotensi terus meluas apalagi jika terjadi angin kencang.

“Pemadaman dilakukan oleh sekitar 200 orang, gabungan dari personil Balai TNGM, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang, Polri, TNI, komunitas-komunitas pecinta alam, dan warga sekitar,” katanya.

Sebelumnya, sekitar 231,5 hektare hutan Gunung Sindoro di perbatasan Kabupaten Wonosobo dengan Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, hangus terbakar. (JN03/Ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *