Banyumas Optimis Target Produksi Padi 2015 Tercapai

  • Whatsapp

Banyumas, Jowonews.com – Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan (Dintanbunhut) Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, optimistis target produksi padi sebanyak 393.910 ton pada tahun 2015 dapat tercapai meskipun terjadi kemarau panjang.

“Oleh karena ada kemarau panjang dan kemarin ada sedikit gangguan serangan (hama), mudah-mudahan secara rata-rata target produktivitasnya tercapai. Setelah produktivitas secara keseluruhan dihitung, mudah-mudahan target yang diharapkan bisa tercapai,” kata Kepala Dintabunhut Banyumas Tjutjun Sunarti Rochidi di Purwokerto, Jumat (25/9).

Bacaan Lainnya

Dalam hal ini, kata dia, pihaknya pada tahun 2015 telah menargetkan produktivitas padi sebesar sebesar 6 ton per hektare. Selain itu, lanjut dia, target luasan tanaman padi untuk satu musim tanam mencapai 34.088 hektare. “Sampai dengan minggu ketiga bulan September, pencapaian luas tanam sudah mencapai lebih dari 33 ribu hektare,” katanya.

Ia mengatakan bahwa target produktivitas padi untuk musim tanam Oktober 2014 hingga Maret 2015 sudah tercapai.

Akan tetapi untuk musim tanam April-September 2015, kata dia, masih dalam proses penghitungan secara keseluruhan oleh Dintanbunhut bersama Badan Pusat Statistik (BPS). “Sampai sekarang juga masih ada yang panen,” tambahnya.

Ia mengatakan bahwa untuk masa tanam April-September, luasan panen sudah mencapai di atas 20 ribu hektare namun produktivitasnya bervariasi karena berkisar 5 ton per hektare hingga 6 ton per hektare.

Oleh karena itu, kata dia, produktivitas rata-rata untuk masa tanam April-September belum bisa diketahui karena masih dihitung.

Sementara untuk periode sebelumnya atau Oktober-Maret, lanjut dia, produktivitas rata-ratanya mencapai 6,05 ton per hektare.

Lebih lanjut, Tjujun memperkirakan masa tanam Oktober 2015-Maret 2016 akan berlangsung mundur akibat pengaruh kemarau panjang. “Kami perkirakan mundur karena sampai sekarang belum turun hujan,” katanya.

Selain produksi padi yang ditarget 393.910 ton, Dintanbunhut Banyumas juga menargetkan produksi jagung sebesar 21.959 ton dan kedelai sebesar 4.272 ton pada tahun 2015. (JN03/Ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *