Kebakaran Lahan Kosong Buat Warga Panik

  • Whatsapp
Pasar Johar kebakaran. (Foto: IST)
Pasar Johar kebakaran. (Foto: IST)

KENDAL, Jowonews.com – Kebakaran lahan kosong di Desa Kutoharjo Kecamatan Kaliwungu, membuat warga panik. Bagaimana tidak, lahan kosong yang terbakar nyaris hampir saja merembet ke sebuah komplek pemakaman, pabrik dan perkampungan warga  sekitar. Warga pun memadamkan menggunakan alat seadanya agar kebakaran tidak meluas.

Kebakaran ini diduga lantaran ada warga yang tidak bertanggungjawab membuang puntung rokok sehingga membakar pohon yang kering  semak-semak dan padang savanna, di sebuah lahan komplek pemakaman di Desa Kutoharjo, Jumat (25/9).

Bacaan Lainnya

Nurakhmad, 35, warga sekitar, selama musim kemarau ini kebakaran dilahan tersebut sudah terjadi kali ketiga. Belum diketahui penyebab lahan kosong sering mengalami kebakaran,diduga ada oknum warga yang membuang puntung rokok.

“Penyebabnya belum bisa diketahui, dugaannya ada yang sengaja membakar kerena sering kali terjadi selama musim kemarau panjang ini,” katanya.

Menurut dirinya, api muncul dari tengah lahan hingga merambat ke komplek pemakaman serta membakar pohon yang sudah kering di dekat pabrik. “ Jarak antara pemakaman, pabrik dan pemukiman sangat dekat. Jelas warga sangat panik,” tambahnya.

Munjirin,55, warga lain menyesalkan kejadian yang hampir saja membakar pemukiman warga. Padahal Pihak desa sendiri sudah mengingatkan warga agar tidak membakar sampah atau membuang puntung rokok di dekat lahan tersebut karena rumput dan tanaman dalam keadaan kering dan mudah terbakar. “ Sudah ada larangan, tapi kalau ada orang iseng juga ngga tau. Kalau warga sekitar mematuhi larangan yang sudah dibuat, apalagi kondisi tempat kejadian kering dan dekat dengan rumah penduduk,” keluhnya.

Dua unit pemadam kebakaran dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kendal mencoba memadamkan api yang membakar lahan dan kebun tersebut. Satu mobil disiagakan di dekat pemukiman dan satu lagi melokalisir api agar tidak merambat ke pabrik kaca. (JN01)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *