Rasakan Sensasi Lezat Sate Blotongan Salatiga

  • Whatsapp

sateSalatiga, Jowonews.com – Satu lagi kuliner daerah di Jawa Tengah yang musti Anda coba, yakni sate kambing dan sapi Blotongan, Salatiga. Sate blotongan terletak di Kelurahan Blotongan, Kota Salatiga, disitu, banyak warung sate blotongan yang berjejer rapi, salah satunya adalah sate Masyudi.

Saat Anda menikmati sate ini, rasanya sungguh membuat lidah bergoyang. Selain kenyalnya daging kambing, racikan bumbu yang pas membuat sate blotongan ini sulit untuk dilupakan rasanya. Sate blotongan disajikan di piring besi panas atau hot plate. Penggunaan hot plate atau piring saji dari plat besi yang dipanaskan ini dimaksudkan untuk membuat sajian sate kambing terus hangat dan membuat tekstur dagingnya terasa lembut hingga suapan terakhir.

Bacaan Lainnya

Nah, untuk resep rahasia kelezatan sate Blotongan ini ternyata terletak pada daging kambing yang digunakan, yaitu dengan menggunakan daging kambing muda atau yang berumur dibawah satu tahun. Kemudian dibakar dalam durasi waktu yang pas sekitar lima menit, hingga dagingnya tidak terlalu gosong.

Pantauan Jowonews, bumbu yang digunakan untuk membakarpun cukup sederhana, celupan kecap asin, garam dan bawang putputih yang dihaluskan memberikan rasa gurih khas daging kambing dengan tekstur dagingnya yang lembut saat dikunyah dalam mulut.

Untuk satu porsi dengan dua puluh tusuk sate dalam satu plat panas membutuhkan daging kambing sekitar 300 gram  dan 100 gram lemak, kemudian dibumbui dengan dua sendok teh kecap manis, setengah sendok teh kecap asin, setengah sendok teh merica dan dua siung bawang putih yang dihaluskan.

Sedangkan cara menyajikan dengan plat besi panas menjaga daging kambing selalu dalam suhu hangat yang membuat lemak kambingnya tidak beku, hingga rasa gurihnya terasa memenuhi rongga mulut saat mengunyahnya.

Kemudian, daging kambing yang dibakar sempurna tersebut rasanya tidak rusak oleh siraman bumbu tambahan seperti kecap dan sambel kacang, karena bumbu tambahan tersebut disajikan terpisah dengan acar dan sayuran.

Hmm, mau nikmati kelezatan sate Blotongan? Silahkan berkunjung ke Salatiga, tepatnya Jalan Fatmawati, atau sekitar 1 Km dari gerbang perbatasan Salatiga dan Kabupaten Semarang. (JN03)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *