Hutan Kawasan Muria Terbakar

  • Whatsapp

 

SEMARANG, Jowonews.com– Hutan di kawasan Pegunungan Muria Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, mengalami kebakaran yang belum diketahui penyebab pastinya dan belum ada upaya pemadaman karena lokasinya jauh dari permukiman penduduk.

Menurut salah seorang warga Desa Japan, Kecamatan Dawe, Kudus, Ayub di Kudus, Senin, kebakaran diperkirakan terjadi sejak Minggu (28/9) malam.
Hingga kini, lanjut dia, belum bisa dipastikan penyebab kebakaran.
Selain itu, kata dia, luas areal lahan yang terbakar juga belum bisa dipastikan karena perangkat desa bersama aparat keamanan sedang menuju titik api yang lokasinya cukup jauh dari perkampungan penduduk.
“Jika berjalan kaki harus ditempuh hingga dua jam lebih,” ujarnya.

Lokasi kebakaran, kata dia, bisa dilihat dari kejauhan yang diketahui dari keluarnya asap tebal berwarna cokelat.
Nur Fuad, warga Desa Japan lainnya menambahkan, asap tebal yang menandakan adanya kebakaran hutan di kawasan Pegunungan Muria bisa dilihat dari perkampungan penduduk di Desa Japan. “Kebetulan dari rumah saya bisa dilihat asap tebal yang keluar dari beberapa lokasi,” ujarnya.

Pada pagi hari, kata dia, asap tebal berwarna cokelat dan putih tersebut belum terlihat dan baru mulai terlihat pada siang hari. Informasinya, lanjut dia, kebakaran awal berada di balik pegunungan dan dimungkinkan saat ini mulai meluas sehingga bisa dilihat dari pemukiman penduduk.

Lokasi kebakaran, kata dia, diperkirakan terjadi pada hutan blok 45 Petung Lestari yang dikenal dengan sebutan puncak Argowiloso turut Kabupaten Kudus.
“Hingga kini, belum bisa dipastikan penyebab terjadinya kebakaran. Bisa saja para pendaki yang membakar sesuatu dan lupa mematikan,” ujarnya. Berdasarkan pantauan dari Desa Japan, terlihat kepulan asap berwarna kecokelatan dan putih membumbung tinggi ke langit.

Atas kejadian tersebut, tim dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kudus beserta aparat kepolisian dan TNI serta pemerintah desa setempat juga menuju lokasi untuk memastikan penyebab dan luas lahan yang terbakar.
Sementara itu, Kepala BPBD Kudus Bergas Catur Sasi Penanggungan ketika dihubungi lewat telepon belum ada tanggapan, meskipun sejumlah personel BPBD Kudus turun ke lokasi kebakaran.Jn16

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *