Hutan Jepara Aman dari Ancaman Kebakaran

  • Whatsapp

kebakaran merbabuJEPARA, Jowonews.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jepara memastikan hingga kini, hutan di Jepara yang berada di Pegunungan Muria masih aman dari ancaman kebakaran. Hal tersebut disampaikan menyusul Senin (28/9) kemarin, sebagian hutan di kawasan gunung Muria tepatnya di area objek wisata air tiga rasa Rejenu turut Desa Japan, Kecamatan Dawe, Kudus terbakar.

 Kepala BPBD Jepara Lulus Suprayetno mengungkapkan, Jepara termasuk daerah yang memilki hutan yang cukup luas. Karena beberapa kecamatan berada di lereng Pegununagn Muria. Namun masyakarat tidak perlu khawatir terjadi kebakaran hutan di wilayah Jepara, karena hingga kini ancaman kebakaran belum ada.

Bacaan Lainnya

 “Selama ini, hutan yang ada di wilayah Jepara tidak digunakan sebagai tempat kegiatan ekonomi sebagaimana yang ada di Kabupaten Kudus. Mayoritas hutan di Jepara tidak terlalu tersentuh oleh aktifitas masyarakat. Terlebih masyarakat yang ada di area hutan tidak masuk ke hutan ketika musim kemarau seperti ini,” ujar Lulus, Selasa (29/9).

 Sementara itu, terkait kebakaran hutan di  Kudus, Lulus mengaku BPBD Kabupaten Jepara siap untuk membantu mengatasi bencana kebakaran hutan. Menurut Lulus, pihaknya sudah menawarkan diri untuk merapat ke Kabupaten Kudus ketika beredar kabar. Tapi kelihatannya dari pihak Kudus belum membutuhkan bantuan yang lebih besar. Sebab, area kebakaran hutan tidak terlalu luas. “Informasi yang kita dapat, kebakaran terjadi sekitar 2-3 hektar lahan saja,” ujarnya. (JN01)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *