Hendita Siap Bikin Semarang Jadi Smart City

  • Whatsapp
Hendi-Ita menjawab pertanyaan wartawan. (Foto: Achmad Munif/Jowonews)
Hendi-Ita menjawab pertanyaan wartawan. (Foto: Achmad Munif/Jowonews)
Hendi-Ita menjawab pertanyaan wartawan. (Foto: Achmad Munif/Jowonews)
Hendi-Ita menjawab pertanyaan wartawan. (Foto: Achmad Munif/Jowonews)

Semarang, Jowonews.com – Pasangan calon walikota-wakil walikota, Hendrar Prihadi-Hevearita Gunaryanti Rahayu (Hendi-Ita) bakal mengembangkan Kota Semarang sebagai “smart city”, atau kota modern berbasis teknologi informasi.

Semarang tergolong lebih awal dalam mengaplikasi konsep “smart city” dibandingkan kota-kota lain, termasuk Jakarta yang baru saja meluncurkannya pada bulan Desember 2014.”Sebenarnya, program ‘smart city’ di Kota Semarang sudah berjalan sejak saya menjabat (wali kota, red.), mulai April 2013,” kata Calon Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi (Hendi) di Semarang, Rabu (30/9).

Bacaan Lainnya

Pada tahap awal, kata dia, telah dilakukan pembangunan sebanyak 1.200 titik wifi yang terus berlanjut sampai mencapai target 20.000 titik yang tersebar di berbagai wilayah di Kota Semarang. “Konsep ‘smart city’ bukan sekadar penyediaan hotspot gratis di area publik, melainkan jaringan wifi itu harus menjangkau permukiman warga secara merata, sampai ke daerah-daerah pinggiran,” katanya.

Ia mencontohkan Kecamatan Tugu yang terletak di ujung barat Kota Semarang yang harus terpasang wifi di masing-masing rumah ketua RW dengan koneksi internet yang menjangkau seluruh wilayah RW tersebut.

Dengan penyediaan jaringan wifi itu, kata dia, masyarakat bisa mendapatkan akses informasi secara mudah, cepat, dan maksimal sebagaimana yang diinginkan sesuai dengan konsep “smart city”. “Pada periode saya, program wifi gratis sudah tersedia di Taman Keluarga Berencana (KB), Taman Tabanas, Tugu Muda, Jalan Pahlawan, dan beberapa area publik lain,” kata mantan Wali Kota Semarang itu.

Ke depan, Hendi mengatakan bahwa jika terpilih akan makin mengembangkan Semarang sebagai “smart city”, termasuk pemasangan jaringan wifi sampai ke wilayah-wilayah pelosok yang ada di Kota Semarang.

Pasangan Hendi-Ita dengan slogan Hebat (Hendi-Ita Bersama Rakyat) diusung koalisi tiga parpol, yakni PDI Perjuangan, Nasdem, dan Demokrat pada Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Semarang 2015. (JN03/Ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *