Sibagus Akan Gandeng Swasta Kembangkan Transportasi Massal

  • Whatsapp

sibagusSemarang, Jowonews.com – Pasangan calon walikota-wakil walikot Semarang, Sigit Ibnugroho Sarasprono-Agus Sutyoso (SiBagus) menilai Pemerintah Kota Semarang semestinya bisa menggandeng swasta untuk mengembangkan transportasi massal.

“Semarang ini kan sudah punya Bus Rapid Transit (BRT) Trans Semarang,” kata calon wakil wali kota Semarang Agus Sutyoso saat bersosialisasi dengan penumpang BRT Trans Semarang di Semarang, Rabu (30/9).

Bacaan Lainnya

Menurut mantan Kepala Dinas Penerangan Jalan dan Pengelolaan Reklame (PJPR) Kota Semarang itu, kondisi BRT Trans Semarang sebagai moda transportasi massal sekarang ini terkesan kurang terawat.

Permasalahan itu, kata dia, terungkap dari hasil dialog dengan sejumlah masyarakat pengguna Trans Semarang sehingga Pemkot Semarang harus menangkap dengan semakin memperbaiki kondisi armada. “Optimalisasi armada menjadi salah satu prioritas dalam peningkatan pelayanan transportasi umum. Namun, penambahan sarana tidak harus menjadikan beban tambahan bagi APBD Kota Semarang,” katanya.

Ia mengatakan Pemkot Semarang bisa menggandeng pihak swasta dalam menambah armada, termasuk pula dalam pembangunan “shelter” di titik-titik yang selama ini belum tersentuh layanan Trans Semarang.

Jika pembangunan “shelter” hanya menggantungkan pada APBD tidak akan bisa berjalan cepat, kata dia, sehingga SiBagus melihat perlunya ada kerja sama antara Pemkot Semarang dengan kalangan swasta. “Kalau SiBagus terpilih, kami akan menggandeng pihak swasta untuk membangun ‘shelter’ dengan kompensasi pemanfaatan sarana untuk tempat tunggu penumpang itu sebagai media promosi,” katanya.

Bahkan, kata dia, penempatan mesin anjungan tunai mandiri (ATM) di “shelter” yang berada di kawasan-kawasan padat atau keramaian juga bisa menarik kalangan perbankan untuk menjalin kerja sama.

SiBagus diusung oleh koalisi tiga partai politik (parpol), yakni Partai Gerindra, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Golkar pada Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Semarang 2015. (JN03/Ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *