Jepara Akan Bangun Pelabuhan Samudra

  • Whatsapp

wpid-nelayan-morodemak-mengeluh-pelabuhan-nggak-bisa-tampung-kapal-besar.jpgJEPARA, Jowonews.com – Upaya untuk terbebas dari keterisoliran terus dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara. Setelah, jalur Welahan – Keling ditingkatkan menjadi jalan nasional, kini Pemkab Jepara berencana membuat pelabuhan samudra dan kawasan industr. Hal ini disampaikan oleh Wakil Bupati Jepara Subroto, Kamis (1/10) saat bertemu dengan Paguyuban Wartawan Jepara.

Menurut Subroto, investasi untuk pembangunan pelabuhan dan kawasan industri bernilai belasan triliun. Sekarang ini, katanya, sudah dilakukan persiapan untuk pembuatan detail engineering design (DED).

Bacaan Lainnya

“Pembangunan pelabuhan samudra ini dilakukan berdasarkan hasil penelitian yang  menyatakan bawah laut Jepara merupakan yang terbaik di sepanjang Pantai Utara Jawa (pantura) untuk dibuat menjadi pelabuhan,” ujar Subroto, Kamis (1/10).

Untuk membangun pelabuhan ini, lanjut Subroto, pemkab akan menggandeng PT Pelindo III yang selama ini mengelola Pelabuhan Tanjungmas Semarang dan Tanjung Perak di Surabaya. “Dengan sudah ditingkatkannya jalur  Welahan – Keling menjadi jalan nasional, maka kita ingin akses Jepara menjadi lebih terbuka tidak terisolir lagi,” katanya.

Akan tetapi, saat ditanya soal lokasi pembangunan pelabuhan dan kawasan industry itu, Subroto belum menjelaskan dengan rinci. Dia hanya menyebut bahwa pelabuhan dan kawasan indutri akan dibangun di Jepara bagian utara. “Kita sudah menyiapkan lahan sekitar 2800 hektar untuk kawasan industry ini dan pelabuhan ini. Tahun depan kita yakin DED sudah rampung dan segera bisa dikerjakan proyek fisiknya,” tandasnya. (JN01)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *