KPU Harapkan Media Ikut Sosialisasikan Pilkada Serentak

  • Whatsapp

pilkadaSemarang, Jowonews.com – Komisi Pemilihan Umum Jawa Tengah mengharapkan media massa ikut menyosialisasikan pemilihan kelapa daerah serentak di 21 kabupaten/kota di provinsi setempat agar partisipasi pemilih meningkat.

“Kami juga membutuhkan media massa, apa jadinya jika masyarakat tidak mendapatkan informasi yang cukup berkaitan dengan pilkada,” kata anggota KPU Jateng Wahyu Setiawan di Semarang, Kamis (1/10).

Bacaan Lainnya

Menurut dia, masyarakat akan kesulitan dalam menentukan sikap politiknya pada pilkada mendatang jika tidak atau kurang mendapat sosialisasi dari pihak terkait, termasuk media massa.

Terkait dengan peraturan yang melarang iklan kampanye di media massa tanpa difasilitasi KPU, Wahyu menilai bahwa media justru mempunyai peranan yang leluasa pada hal pemberitaan kampanye dan segala sesuatu yang terkait dengan pilkada serentak di 21 kabupaten/kota.

“Iklan kampanye dari masing-masing pasangan calon kepala daerah hanya bisa difasilitasi oleh KPU, tapi pemberitaan kampanye dan segala informasi yang terkait dengan pilkada tetap diperbolehkan menurut regulasi yang ada,” ujarnya.

Media massa, kata Wahyu, diharapkan mampu mencerahkan masyarakat dan memberikan informasi yang adil, proporsional, dan berimbang di bidang politik.

Ke-21 kabupaten/kota di Jateng yang akan menyelenggarakan pilkada sevara serentak pada 2015 itu adalah Kota Pekalongan, Kota Semarang, Kabupaten Rembang, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Kebumen, Kota Surakarta, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Kendal.

Kota Magelang, Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Semarang, Kabupaten Purworejo, Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Klaten, Kabupaten Blora. Kemudian, Kabupaten Grobogan, Kabupaten Sragen, Kabupaten Demak, Kabupaten Pekalongan, dan Kabupaten Pemalang. (JN03/Ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *