Polda akan Bangun Gedung Baru Senilai Ratusan Miliar

  • Whatsapp

polda jatengSEMARANG, Jowonews.com – Setelah insiden kebakaran yang menghanguskan bangunan gedung B di kompleks Mapolda Jateng, Kepolisian Daerah (Polda) Jateng memantapkan rencana pembangunan gedung baru. Bangunan yang hangus terbakar akan dirobohkan dan didirikan bangunan baru berlantai enam. Rancangan atau desain gedung baru tersebut masih digodok dan rencananya juga melibatkan gedung A (Utama) yang berada di bagian depan. Begitu juga dengan rencana anggaran yang diduga mencapai ratusan miliar rupiah.

“Nanti akan dibangun gedung baru berlantai enam. Gedung yang terbakar akan dirobohkan. Pembangunan gedung baru tersebut juga akan melibatkan gedung utama,” kata Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol Alloysius Liliek Darmanto, Minggu (4/10).

Bacaan Lainnya

Dipaparkannya, konsep pembangunan gedung baru tersebut sebenarnya sudah direncanakan jauh-jauh hari. Bahkan sebelum insiden kebakaran yang melanda gedung B. Namun mengenai konsep desain infrastruktur baru tersebut masih belum matang.

“Nanti Kapolda Jateng (Irjen Pol Nur Ali, red) akan memaparkan konsep dan rencana pembangunan gedung baru tersebut kepada Presiden Jokowi. Saat ini masih dihitung-hitung rencana anggarannya. Kalau bisa 2016 sudah mulai dibangun. Lebih cepat lebih baik, seperti yang diharapkan Kapolda,” paparnya.

Liliek juga mengungkapkan gambaran awal konsep gedung baru yang akan dibangun nantinya. Menurutnya, gedung baru nanti tidak hanya akan berfokus pada ruang-ruang satuan kerja, tetapi juga penataan tempat parkir yang lebih luas. Konsep tersebut juga sempat diungkapkan Kapolda sebelumnya (Dwi Priyatno, red).

 “Jadi dulu sempat ada bayangan pembangunan gedung baru. Jadi bagian depan nanti akan disejajarkan dengan Jalan Pahlawan. Kemudian dibagian bawah yang sekarang jadi lapangan itu akan dibuat tempat parkir. Tapi seperti apa konsep gedung baru yang nanti akan dibangun kita masih rancang,” tandasnya yang sempat menyebutkan kalau biaya pembangunan gedung baru minimal Rp 100 miliar. Itu melihat gambaran pembangunan gedung-gedung baru yang ada untuk saat ini.

Seperti diketahui, gedung B berlantai 3 telah hangus terbakar pada Rabu (30/9). Di gedung tersebut terdapat lima satuan kerja, seperti Dit Intelkam, Irwasda, Biro Rena, Biro SDM, dan Bidang Keuangan. Pascakebakaran, kelima satuan kerja tersebut akan menempati ruang kerja baru.

Dit Intelkam akan menempati ruang Sabhara di kompleks Mapolsek Gajahmungkur dan Irwasda akan menggunakan gedung di kompleks RS Bhayangkara Semarang. Kemudian Biro Perencanaan (Ro Rena) dan Biro SDM akan menggunakan ruang di Dit Resnarkotika, sedangkan Bidang Keuangan akan menggunakan aula Dit Lantas Polda Jateng. (JN01)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *