Warga Brati Doakan Salim Kancil

  • Whatsapp

tambang1PATI, Jowonews.com -Puluhan warga Desa Brati, Kecamatan Kayen, Pati menggelar doa dan tahlil bersama untuk aktivis lingkungan Salim Kancil, kemarin. Kegiatan yang dirangkai dengan aksi teatrikal dari Komunitas Gerakan Bocah Angon itu berlangsung di kompleks Sumber Mata Air Ronggoboyo desa setempat.

Di tengah hutan jati, puluhan warga dari berbagai generasi dengan hikmad mengikuti jalannya acara. Seusai tahlilan, warga menikmati performance art dari Gerakan Bocah Angon yang menggambarkan perlawanan terhadap kesewenangan pihak-pihak tertentu yang merusak lingkungan.

Bacaan Lainnya

Performa teatrikal yang berlangsung sekitar 10 menit itu sebagai refleksi atas perlawanan masyarakat kecil terhadap segala upaya perusakan lingkungan, terutama melalui penambangan. Perjuangan masyarakat tersebut bukan tanpa alasan lantaran berorientasi pada keberlangsungan alam dan generasi bangsa ke depan.

“Kasus Salim Kancil ini menjadi bagian dari dinamika perjuangan melawan kesewenangan pihak yang selama ini merusak lingkungan. Perjuangan itu harus dilakukan di semua daerah agar kerusakan lingkungan terhindarkan,” ujar koordinator acara Azis Wisanggeni.

Kegiatan itu sekaligus mengajak warga untuk bersama-sama meneguhkan semangat penyelamatan lingkungan demi keseimbangan alam dan nasib anak cucu. Mengingat, jika praktik penambangan besar-besaran dilakukan di dataran tinggi maupun pesisir, maka akan merusak kawasan yang berakibat pada bencana, baik dalam jangka pendek maupun panjang.

Warga juga memberikan dukungan atas perjuangan Salim Kancil dan kawan-kawan di Lumajang yang memperjuangkan kelestarian lingkungan melalui penolakan penambangan pasir di pesisir. Sekaligus meminta pihak berwajib mengusut tuntas pelaku pembunuhan dan penganiayaan para aktivis lingkungan di sana.

“Praktik kekerasan seperti itu tidak boleh dibiarkan. Tindakan pidana harus diproses secara hukum secara fair dan menyentuh sampai ke pihak yang menggerakkan,” tandasnya. (JN04)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *