Pemkab Kudus Raih Penghargaan dari Kementerian Keuangan

  • Whatsapp

wpid-20121107103412sambutan_acara_serah_terima_bantuan_sumber_air_bersih__oleh_bupati_kudus_musthofa.jpgKudus, Jowonews.com – Pemkab Kudus mendapatkan penghargaan dalam penyusunan dan penyajian laporna keuangan dari Kementrian Keuangan. Penghargaan tersebut kali pertama diperoleh Kabupaten Kudus. Temuan badan pemeriksa keuangan (BPK) juga tidak mempengaruhi penghargaan tersebut karena sudah ditindaklanjuti.

Bupati Kudus Musthofa melalui Sekretaris Daerah Kabupaten Kudus Nor Yasin mengatakan, penyusunan dan penyajian laporan keungan 2014 tersebut dengan capaian standar tertinggi dalam akuntansi dan pelaporan keuangan daerah. ”Capaian ini menunjukkan kinerja Pemkab Kudus terus lebih baik,” katanya kemarin (5/10).

Bacaan Lainnya

Ditanya terkait temuan BPK pada pelaksanaan kegiatan APBD 2014, tidak menjadi persoalan dalam perolehan penghargaan tersebut. Karena temuan BPK 2014 sudah dilakukan tindaklanjut, sehingga sudah tidak menajdi persolan, berbeda ketika tidak dilakukan tindaklanjut.

Penghargaan tersebut, diberikan kepada 287 penerima, 62 untuk lembaga pusat, 26 provinsi 149 pemerintah daerah dan 50 pemerintah kota. Sementara di Jawa Tengah yang mendapatkan penghargaan tersebut sebanyak sebelas pemerintah daerah, termasuk Kudus. ”Kami berupaya agar penghargaan-penghargaan lain juga bisa diraih,” terangnya.

Untuk mendapatkan penghargaan tersebut, terdapat beberapa syarat. Seperti pengesahan APBD tepat waktu, pengelola keuangan harus mendapatkan predikat wajar tanpa pengecualian (WTP). Selain itu ada juga indikator pertumbuhan ekonomi, penurunan pengangguran hingga inflasi.   

Kabupaten Kudus sendiri sebenarnya sudah mendapatkan predikat WTP sebanyak tiga kali, namun untuk paket yang berujung penghargaan dari Kementrian Keuangan baru sekali. Dari penghargaan tersebut, nantinya ada dana insentif daerah dimana setiap poin mendapatkan Rp 2 miliar.

Untuk berapa poin yang didapat dari Pemkab Kudus, masih belum jelas karena masih proses. Namun dengan adanya penghargaan tersebut, satu poin jelas sudah didapatkan. ”Memang banyak indikator, tapi kami berharap yang terbaik,” jelasnya. (JN04)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *