Ita: UMKM Harus Maju dan Berkembang

  • Whatsapp
Hendi-Ita menjawab pertanyaan wartawan. (Foto: Achmad Munif/Jowonews)
Hendi-Ita

Hendi-Ita wayanganSemarang, Jowonews.com – Calon wakil wali kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu (Ita) menginginkan sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kota Semarang berkembang dengan pesat.

“Banyak potensi UMKM di Kota Semarang dengan mengandalkan kearifan lokal, seperti batik,” katanya saat mengunjungi Batik Sri Asih di kawasan Plamongan Sari, Semarang, Selasa.

Bacaan Lainnya

Menurut Ita, kepemimpinan Hendi sebagai wali kota telah menunjukkan kepedulian terhadap pengembangan sektor UMKM di Kota Semarang sehingga ke depan program pengembangan UMKM akan terus berlanjut.

“Pelaku UMKM di Kota Semarang jumlahnya hampir 12 ribu pengusaha. Masing-masing memiliki permasalahan tersendiri yang membutuhkan pendampingan berkelanjutan dari pemerintah,” katanya.

Ia mencontohkan permasalahan yang dihadapi UMKM bukan semata permodalan, melainkan lebih kompleks, seperti pengelolaan limbah pada industri batik, minimnya sumber daya manusia (SDM), dan pemasaran.

Oleh karena itu, kata dia, jika dirinya terpilih sebagai wakil wali kota akan mengedepankan pengembangan sektor UMKM di Kota Semarang sebagai salah satu program prioritasnya lima tahun ke depan.

“Semarang selama ini sudah dikenal sebagai kota perdagangan dan jasa dengan pelaku UMKM yang menjadi salah satu faktor penopangnya,” kata mantan Direktur Utama PT Sarana Patra Hulu Cepu (SPHC) itu.

Ita berpasangan dengan calon wali kota Hendrar Prihadi (Hendi) dengan slogan Hebat (Hendi-Ita Bersama Rakyat) diusung oleh PDI Perjuangan, Partai Nasional Demokrat, dan Partai Demokrat.

Pada Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Semarang 2015, kata dia, Hendi-Ita mengusung visi “Semarang Kota Perdagangan dan Jasa yang Hebat Menuju Masyarakat Semakin Sejahtera”. “Makanya, melalui pengembangan sektor UMKM diharapkan bisa semakin menunjang pemberdayaan masyarakat, pemberdayaan perempuan, dan pengentasan kemiskinan di Kota Semarang,” pungkas Ita. (JN03/Ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *