Pelantikan 227 Personel Bintara TNI AU

  • Whatsapp

SOLO, Jowonews.com – Sebanyak 227 personel Bintara TNI Angkatan Udara dilantik dan diambil sumpah siswa sekolah pertama Bintara Karier (Semaba-PK) TNI AU angkatan Ke-40 di Lapangan Dirgantara Lanud Asi Soemarmo Karanganyar Jawa Tengah, Jumat.

Acara pelatikan 227 personel Bintara dengan pangkat Sersan Dua tersebut dipimpin Komandan Komando Pendidikan TNI AU (Dankodikau) Marsekal Muda TNI Eko Supriyanto selaku inspektur upacara.

Bacaan Lainnya

Pendidikan Semaba PK angkatan ke-40 sebanyak 227 personel tersebut terdiri dari 234 siswa pria dan 43 siswa wanita atau Wara.

Pada pelantikan itu, terpilih sebagai siswa teraik pria Serda Agung Nurwansyah putra daerah kelahiran Maros Sulawesi Selatan pada 23 Desember 1995, sedangkan wanita lulusan terbaik Serda Auria Dyah Retno Palupi putri daerah kelahiran Kebumen Jateng, pada 19 Juli 1995.

227 personel Bintara tersebut sebelumnya mengikuti pendidikan selama lima bulan untuk Semaba PK pria dilaksanakan di Skadron Pendidikan (Skadik) 403 Lanud Adi Soemarmo, sedangkan wanita di Skadik 105 Lanud Adi Sutjipto Yogyakarta.

227 personel Bintara yang dilantik tersebut sebelumnya digembleng, ditempa, dan dididik dari masyarakat umum menjadi Bintara TNI AU di Skadik 403 Lanud Adi Soemarmo dan 105 Adi Sutjipto.

Dankodikau Marsekal Muda TNI Eko Supriyanto mengatakan 227 personel Semaba pria dan wanita tersebut akan ditempatkan keberbagai satuan di TNI AU sesuai kebutuhan organisasi mkenggantikan senior-seniornya.

“Para Semaba ini, baru melalui pendidikan dasar, dan mereka akan dididik lanjutan sesuai kejuruan misal ada POM, Paskhas, dan Intelijen,” kata Dankodikau.

Menyinggung soal antusias masyarakat yang ingin masuk menjadi anggota TNI AU, Eko Supriyanto mengatakan cukup antusias dari banyaknya mereka yang mendaftarkan diri ingin menjadi anggota TNI.

Kendati demikian, pihaknya memang sedikit ada kendala mengenai informasi pendaftaran personel baru terutama daerah-daerah di Indonesia yang cukup jauh masih kurang maksimal.

“Kami berharap dengan bantuan media ini, tentang kebutuhan personel TNI AU yang masih kurang, dan semua masyarakat Indonesia mempunyai hak untuk menjadi prajurit,” katanya.

Pihaknya berharap masyarakat umum baik pria maupun wanita untuk bisa mendaftarkan diri menjadi prajurit TNI AU yang handal, tetapi sesuai persyarakat yang berlaku.

Upacara pelantikan dan pengambilan sumpah siswa sekolah pertama Bintara Karier (Semaba-PK) TNI AU angkatan Ke-40 tersebut juga dimeriahkan aeromodelling yang diperagakan para atlet Jawa Tengah, peragaan merakit senjata api, beladiri, senam senjata, dan gerakan operasi pembebasan sandra yang ditawan di daerah musuh oleh para Bintara.  (Jn16/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *