PKS Akan Cegah Radikalisme dengan Imunisasi Ideologi

  • Whatsapp
mpr2SEMARANG, Jowonews.com – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) akan terus menjadi garda terdepan dalam proses imunisasi ideologi kebangsaan.
Hal tersebut disampaikan oleh presiden PKS Mohamad Sohibul Iman, Phd, dalam keterangannya kepada wartawan di sela seminar kebangsaan dan sosialisasi empat pilar, Senin (12/10) di Hotel Semesta, kota Semarang, Jawa Tengah.
Menurut Iman, pihaknya akan terus mendorong upaya dari fraksi PKS di Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR-RI) untuk memberikan sumbangsih positif kepada masyarakat, salah satunya adalah upaya penguatan ideologi kebangsaan.
“Kita akan terus melakukan pencegahan agar tidak muncul gerakan radikalisme, salah satunya Kami di pks memiliki pemahaman tentang kehidupan bernegara, sebagai prinsip islam yang washotiyah atau keseimbangan,” ungkapnya.
Menurut Iman, PKS mengajarkan kepada seluruh kadernya untuk menyikapi perbedaan soal radikalisme. “Selain itu, PKS terus memberikan pemahaman pembinaan rutin, seperti training orientasi partai, kemudian secara eksternal kita mengajarkan pemahaman bernegara rasional dan islam yang moderat,” tandas mantan wakil ketua DPR RI ini.
Oleh karenanya, mantan rektor Universitas Paramadina tersebut mengatakan, pentingnya imunisasi ideologi. “Kita perkuat ideologi kebangsaan kita, tapi bukan dengan pemaksaan seperti saat Orde Baru dulu. Karena itu kami lebih memilih imunisasi ideologi, agar kita semua ‘imun’,” cetusnya.
Mantan wakil ketua DPR RI ini juga menekankan pentingnya upaya meredam potensi radikalisme sejak dini. “Kita harus terus senantiasa menanamkan nilai-nilai Islam moderat. Insya Allah kita bisa cegah radikalisme sejak dini,” imbuh Sohibul Iman.
Sementara, Ketua Fraksi PKS MPR RI, TB Soenmandjaja menyampaikan bahwa agenda seminar kebangsaan ini digelar dalam rangka kewajiban MPR sebagai lembaga kebangsaan untuk mensosialisasikan ideologi Pancasila.
“Kami ingin juga memberikan penajaman sekaligus meminta masukan kepada masyarakat terkait ideologi kebangsaan,”ungkapnya. (JN03)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *