Warga Diminta Perbaharui e-KTP

  • Whatsapp
E-KTP
E-KTP
E-KTP
E-KTP

SALATIGA, Jowonews.com – Warga yang belum memiliki e-KTP maupun yang sudah memiliki KTP namun masih model lama diminta untuk membuat atau mengganti dengan e KTP. Himbauan tersebut dibuat oleh kantor Dukcapil Salatiga ditujukan melalui RT/RW se-Salatiga.

“Bagi yang belum punya e KTP dimohon untuk membuat atau menggantinya dengan e KTP,” kata Bahtiar Ketua RT 03 Domas, Salatiga. Menurut Bahtiar, sesuai dengan keterangan pihak Dukcapil, untuk e KTP saat ini berlakunya seumur hidup.

Bacaan Lainnya

Berbeda dengan ketentuan e KTP sebelumnya yang berlaku hanya lima tahun. Menurut Bahtiar, meski masa berlakunya seumur hidup, namun sesuai ketentuan yang berlaku, warga sewaktu-waktu bisa memperbaharui e KTP nya.

”Misalnya perubahan status, dari bujang menjadi menikah dan sebagainya,” kata Bahtiar. Dalam kesempatan sebelumnya, Kepala Disdukcapil Kota Salatiga Bustanul Arifin melalui Kasi Pendataan Penduduk Disdukcapil Ronald Tobing  menjelaskan, saban harinya rata-rata pencari KTP di Salatiga per kecamatan antara 20 hingga 25 orang.

Kota Salatiga ada empat kecamatan, maka rata-rata per hari pencari KTP di Salatiga maksimal seratus orang. Berdasarkan data yang dihimpun, pada awal 2015 ini  Salatiga mendapat jatah blangko e-KTP sebanyak sekitar 14.200 blangko.

Kemudian mendapat tambahan sebanyak 5.000 blangko.Sementara jumlah warga yang belum memiliki e-KTP  mencapai sebanyak 118.587 jiwa. (JN01)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *