Gelombang Tinggi Nelayan Rumpon Masih Mendapat Hasil

  • Whatsapp

CIREBON, Jowonews.com – Nelayan rumpon dasar Cangkol Kota Cirebon, Jawa Barat, masih mendapatkan hasil laut yang cukup melimpah meskipun sekarang masih musim gelombang laut dimana para nelayan lain masih menyandarkan kapal-kapalnya di dermaga.

“Saat ini musim gelombang timur dan gelombang cukup tinggi, sehungga para nelayan sulit mencari ikan,” kata Ketua Himpunan Nelayan Cangkol Tengah (HNCT) Suparman di Cirebon, Selasa.

Bacaan Lainnya

Karena itu, dengan adanya rumpon dasar nelayan cangkol masih bisa mendapatkan hasil yang lumayan melimpah, meskipun tidak seperti halnya musim-musim tangkap ikan, setidaknya masih bisa menutupi kebutuhan.

“Sebelum para nelayan cangkol menggunakan rumpon dasar, kami setiap musim gelombang timur hanya diam di rumah saja, akan tetapi setelah menanam rumpon dasar meskipun musim paceklik masih bisa melaut,” katanya.

Sekarang ini para nelayan sudah tidak tegantung pada musim sepenuhnya, karena dengan adanya rumpon, para nelayan sudah mempunyai titik untuk mencari ikan di area rumpon miliknya, tuturnya.

Mulyadi sekretaris HNCT menuturkan, dengan adanya rumpon dasar yang ditanam di area delapan sampai 30 mill, nelayan bisa menghemat BBM dan hasilnya pun baik.

Penanaman rumpon kami maksimalkan, supaya bisa meningkatkan hasil laut nelayan rumpon yang ada di desa Cangkol, Kota Cirebon, katanya.

Para nelayan sekarang ini bisa menanm rumpon yang lumayan jauh dan menurut mereka jika rumpon itu ditanam di area yang tenang dan bening maka hasilnya lebih maksimal.

“Kami sekarang menggunakan alat bantu GPS untuk mengetahui titik mana yang ada rumponnya,” katanya.

Dia menambahkan sebelum menggunakan GPS, mereka hanya bisa menanam rumpon dengan jarak yang kurang lebih empat sampai lima mill saja, dimana hasilnya kurang maksimal.   (Jn16/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *