Walikota Ajak Warga Gunakan Hak Pilih

  • Whatsapp

MAGELANG, Jowonews.com – Penjabat Wali Kota Magelang, Jawa Tengah, Rudy Apriyantono mengajak masyarakat untuk menggunakan hak pilih secara benar pada Pemilihan Kepala Daerah 9 Desember 2015 agar tingkat partisipasi pemilih tinggi.

“Supaya partisipasi masyarakat pemilih dalam Pilkada Kota Magelang meraih angka tertinggi dibandingkan dengan daerah lain,” katanya di Magelang, Selasa, saat kunjungan kerja ke Kelurahan Rejowinangun Utara, Kecamatan Magelang Tengah.

Bacaan Lainnya

Masyarakat setempat yang telah tercatat dalam Daftar Pemilih Tetap Pilkada Kota Magelang 2015 mencapai 89.112 orang yang terdiri atas 42.490 laki-laki dan 46.622 perempuan. Komisi Pemilihan Umum Kota Magelang merencanakan membuka 209 tempat pemungutan suara pilkada di daerah dengan tiga kecamatan dan 17 kelurahan itu.

“Kota Magelang ini kecil, target itu bisa kita penuhi asal kita semua ikut menyukseskan dan menyosialisasikan pilkada,” ujarnya.

Ia mengharapkan Kota Magelang bisa menjadi percontohan daerah pelaksana pilkada serentak dengan tingkat partisipasi masyarakat yang cukup tinggi.

Hal itu, katanya, akan mendorong daerah lain belajar dari Kota Magelang dalam melaksanakan pesta demokrasi.

“Predikat percontohan bukan hal yang mustahil, asal didukung semua pihak. Penghargaan Kota Layak Anak, Kota Cerdas, Adipura Kencana, sudah kita dapat. Satu lagi yang ingin kita raih, yaitu penghargaan sebagai daerah yang menyelenggarkan pilkada dengan tingkat partisipasi tertinggi,” katanya.

Pada kesempatan itu, ia meminta Lurah Rejowinangun Utara Slamet Bambang Sulistyo dalam berbagai kesempatan juga mengimbau warga setempat menggunakan hak pilih masing-masing pada pilkada mendatang.

Kalangan ketua rukun tetangga dan rukun warga, juga perlu diberdayakan untuk secara intensif menyosialisasikan pilkada.

“Selain KPU memberikan sosialisasi kepada warga di sini, kami juga selalu mengingatkan warga melalui berbagai forum untuk menggunakan hak pilihnya pada pilkada nanti,” kata Slamet.

Pilkada Kota Magelang akan diikuti tiga pasangan kandidat, yakni Sigit Widyonindinto-Windarti Agustina (Si Winner) nomor urut 1, diusung PDI Perjuangan dan Partai Gerindra, Moch. Haryanto-Agus Susatyo (Harus) nomor urut 2, diusung Partai Demokrat dan PKB, serta Joko Prasetyo-Priyo Waspodo (Segoro Joyo) nomor urut 3, melalui jalur perseorangan.   (Jn16/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *