KPU Kendal Minim Sosialisasi

  • Whatsapp

pilkadaKENDAL, Jowonews.com—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kendal dinilai kurang maksimal melakukan sosialisasi pilkada Kendal. Hal itu terbukti masih banyak temuan warga yang tidak mengetahui adanya pilkada serentak pada 9 Desember 2015.

Bahkan tak sedikit warga yang tidak mengetahui calon bupati dan calon wakil bupati (Cabup cawabup) lantaran tidak adanya petugas KPU atau aparat desa yang memberikan pengumuma pelaksanaan Pilkada 2015.

Bacaan Lainnya

Suprat, 58, warga Dampalrejo, Ngampel mengaku jika dirinya sama sekali belum mendapatkan sosialisasi adanya Pilkada 2015. “Memang ada petugas KPU melakuka pendataan, tapi tidak ada pemberitahuan kalau ada Pilbup. Jadi saya malah tidak tahu adanya Pilkada,” ujarnya.

Ia mengaku tidak mengetahui jika dalam pilkada Kendal ini ada dua pasangan calon yang nantinya bisa dipilih warga. Sebab, para pasangan calon diakuinya tidak ada yang datang ke warga untuk melalukan sosialisasi ataupun kampanye. “Kalau kampung saya ini belum ada calon yang kesini, tidak tahu kalau didesa tetangga,” akunya.

Hal senada dikatakan, Arifin, 40, warga Kecamatan Limbangan. Ia menambahkan hingga saat ini belum ada sosialisasi secara langsung kepada warga  terkait Pilbup. Bahkan, beberapa warga terutama yang berusia lanjut tidak mengetahui siapa saja cabup dan cawabupnya. “Saya tidak tahu apakah sudah ada sosialisasi atau belum. Tapi saya belum pernah mendapat undangan atau pemberitahuan terkait hal itu,” ujarnya.

Aktifis Perserikatan Sekolah Rakyat Kabupaten Kendal mengatakan sosialisasi Pilbup mestinya dilakukan secara menyeluruh ke semua lapisan masyarakat. Sebab, pesta demokrasi di tingkat kabupaten ini melibatkan masyarakat sebagai pemilih, sekaligus penentu nasib Kenda lima tahun ke depan.

 “Bagaimana bisa menentukan pilihan kalau calonnya warga saja tidak tahu adanya pilbup bahkan tidak mengenal cabupnya. Yang terjadi bisa, nanti warga hanya saja asal pilih, atau malah golput. Makanya sisa waktu yang ada ini, KPU harus segera lakukan sosialisasi ke semua warga,” tambahnya. (JN01)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *