Petani Cengkih Minta Bantuan Bibit

  • Whatsapp
SAMSUNG DIGITAL CAMERA

MANADO, Jowonews.com – Petani cengkih di Kabupaten Minahasa Provinsi Sulawesi Utara meminta agar pemerintah memberikan bantuan bibit untuk mengganti pohon yang sudah tidak produktif lagi.

“Kami meminta agar pemerintah memberikan bantuan bibit cengkih kepada petani karena pohon yang sudah tidak produktif semakin banyak,” kata petani cengkih asal Tondano Utara Minahasa Johnly Kilapong di Manado, Senin.

Bacaan Lainnya

Johnly mengatakan pihaknya sangat mengharapkan bantuan bibit cengkih dari pemerintah, karena selain banyak pohon yang sudah tidak produktif lagi, juga ada sebagian yang rusak akibat kemarau panjang.

“Untuk membeli bibit cengkih dalam jumlah yang cukup banyak, kami tidak sanggup sehingga mengharapkan adanya bantuan dari pemerintah,” jelasnya.

Dia mengatakan pihaknya tahu ada bantuan bibit cengkih dari pemerintah melalui Dinas Perkebunan namun sering tidak sampai langsung ke petani.

Jan petani cengkih asal Minahasa juga mengatakan hal yang sama, pohon cengkih dikebunnya sudah mulai rusak dan kering akibat panas, sehingga butuh bibit baru.

“Harus secepatnya kita mengganti cengkih yang sudah rusak dengan yang baru, sehingga saat panen raya beberapa tahun ke depan, kita sudah bisa menikmati yang ditanam tahun ini,” jelasnya.

Asisten II Pemkab Minahasa Wilford Siagian mengatakan memang ada bantuan bibit cengkih ke petani, dan itu sudah ada titik-titik sentra yang nantinya akan diberikan bantuan oleh Dinas Perkebunan.

“Pemerintah berharap petani dapat menjaga kualitas cengkih di Minahasa agar tetap baik,” jelasnya.

Untuk menjaga kualitas cengkih Minahasa maka pemerintah telah melakukan sertifikasi Indikasi Geografis (IG) terhadap cengkih Kabupaten Minahasa telah dikeluarkan langsung oleh Kemenhum dan HAM.

Wilford mengatakan dengan adanya sertifikasi standarisasi komoditas cengkih Minahasa maka diharapkan tidak akan ada produk daerah lain yang mengklaim bahwa itu cengkih Minahasa.

Dia mengatakan standarisasi komoditas cengkih Minahasa akan mampu meningkatkan dan memberikan standar harga yang wajar dan menguntungkan petani.

“Kami berharap dengan adanya standarisasi cengkih Minahasa maka harga di tingkat petani akan lebih baik dan tidak mudah dipermainkan oleh pasar,” jelasnya.   (Jn16/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *