Korban Kabut Asap Pekanbaru Capai 78.879 Orang

  • Whatsapp

PEKANBARU, Jowonews.com – Dinas Kesehatan Provinsi Riau mencatat periode 29 Juni- 20 Oktober 2015 korban akibat kabut asap di daerah itu mencapai 78.879 orang. “Data tersebut dihimpun dari Puskesmas, pos kesehatan, juga melalui pos kesehatan “mobile”, yang terus beroperasi selama 24 jam, guna menekan jumlah korban dampak resiko terpapar asap,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Andra Sjafril di Pekanbaru, Rabu.

Ia mengatakan itu terkait bencana kabut asap melanda Riau sejak tiga bulan terakhir terus bertambah dan bersamaan dengan itu bantuan berupa masker, obat-obatan dan lainnya terus bergulir ke provinsi dikenal dengan daerah kaya minyak itu. Menurut dia, bantuan masker sudah datang dari berbagai pihak, baik dari pemerintah maupun dari sejumlah organisasi masyarakat, media cetak, dan perhimpunan profesi.

Bacaan Lainnya

“Ketersediaan masker mencukupi, juga ketersediaan obat-obatan, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir tidak mendapatkan obat dan masker,” katanya.

Selain itu, katanya lagi, Dinas Kesehatan Riau juga mengoperasikan pos kesehatan mobile khususnya menjangkau kelompok masyarakat yang rentan dampak asap daerah itu. Layanan pos kesehatan “mobile” menjangkau pasien yang tidak bisa datang ke pos kesehatan, selain pengobatan pos ini juga memberikan makanan penambah daya tahan tubuh, susu, dan biskuit .

Ia menyebutkan, sebanyak 78.879 korban asap itu terdiri atas kasus ISPA capai 66.234 orang, pneumoni 1.076 kasus, asma 3.073 kasus, mata 3.693 kasus dan kulit 4.857 kasus. Sementara itu Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika Stasiun Pekanbaru mendeteksi sebanyak 633 titik panas yang tersebar di tujuh Provinsi di Sumatera.

Titik panas terbanyak terpantau di Sumatera Selatan dengan 462 titik. Provinsi dengan titik panas terbanyak lainnya adalah yang terpantau Satelit Terra dan Aqua pada Selasa pukul 05.00 WIB adalah Jambi dengan 70 titik, Lampung 23 titik, Bangka Belitung 28 titik, Bengkulu 19 titik, Riau 25 titik dan Sumatera Barat enam titik. (Jn16/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *