Raperda Perlindungan dan Pemberdayaan Petani Segera Dirumuskan

  • Whatsapp

SEMARANG, Jowonews.com – Dalam rapat paripurna masa persidangan ketiga tahun sidang 2015, yang digelar Selasa  (20/10) DPRD Provinsi jateng menyetujui usulan komisi B untuk segera merumuskan Rancangan peraturan daerah tentang perlindungan dan pemberdayaan petani.

Rancangan keputusan yang dibacakan oleh wakil ketua komisi B, Yudhi Sancoyo itu kemudian disetujui anggota DPRD jateng yang hadir memenuhi kuorum. Berselang dua hari, pada kamis (22/10) direncanakan akan digelar kembali rapat paripurna yang membahas tindak lanjut dari perumusan Raperda ini.

Bacaan Lainnya

Raperda perlindungan dan pemberdayaan petani ini telah lama direncanakan ini menjadi tugas DPRD Jateng, dalam hal ini komisi B untuk merampungkan sebelum tahun 2016.

Ketua DPRD Provinsi Jateng Rukma Setyabudi mengatakan bahwa DPRD Jateng akan menitikberatkan substansi permasalahan, bukan pada kuantitas Raperda. “Sehingga Raperda itu bisa benar benar menyuarakan aspirasi dari masyarakat, bukan tidak berguna tapi menjadi perda yang membumi” pungkasnya.

Sebagai informasi, dasar pemikiran dari raperda ini tidak terlepas dari status Jateng yang merupakan penyangga ketahanan pangan nasional. Petani sebagai pelaku utama dalam mencapai keberhasilan pembangunan di bidang pertanian ternyata masih banyak yang belum berdaya. Selain itu, sistem pasar yang tidak transparan dan tidak adil menjadi tantangan pembangunan pertanian di Jateng. (JN17)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *