Penyaluran Raskin 13-14 Diharapkan Jaga Stabilitas Harga

  • Whatsapp

MANADO, Jowonews.com – Penyaluran beras masyarakat miskin (raskin) 13 dan 14 di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) diharapkan mampu menjaga stabilitas harga beras di sentra perdagangan Kota Manado dan sekitarnya.

“Kami berharap dengan disalurkannya raskin 13 dan 14 akan menjaga stabilitas harga beras di tingkat pedagang,” kata Kepala Perum Bulog Divre Sulut Sabaruddin Amrulla di Manado, Kamis.

Bacaan Lainnya

Dia mengatakan penyaluran raskin 13 sudah mulai jalan dan diupayakan akan segera tuntas 100 persen, sehingga raskin 14 bisa segera disalurkan lagi.

“Memang peluncuran raskin 13 dan 14 telah dilakukan oleh Penjabat Gubernur Sulut Soni Sumarsono pada beberapa waktu lalu, namun pertama kali disalurkan yakni raskin 13 kemudian selanjutnya raskin 14,” jelasnya.

Sabaruddin mengatakan dengan penyaluran raskin tepat waktu maka diharapkan stabilitas harga tetap terjaga, apalagi menghadapi Natal dan Tahun Baru.

Sementara itu, penerima raskin 13 dan 14 berdasarkan SK Gubernur Sulut dengan jumlah penerima raskin pada 2014 sebanyak 161.089 rumah tangga sasaran (RTS).

“Penerima manfaat beras tersebut di Sulut tersebar di 15 kabupaten/kota yang ada. Rumah tangga sasaran mendapatkan jatah alokasi sebanyak 15 kilogram setiap bulan perkeluarga dengan harga Rp1.600 perkilogram, selebihnya disubsidi pemerintah,” katanya.

Khusus raskin 13 dan 14 pendistribusiannya menggunakan sistem “cash and carry” yakni harus membayar lebih dahulu baru mendapatkan beras tersebut.

Sementara itu, saat ini harga beras di sentra perdagangan Kota Manado dan sekitarnya masih dikisaran Rp9.000 hingga Rp10 ribu perkilogram.   (Jn16/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *