Tiga Daerah Belum Sepakat Gambar Calon

  • Whatsapp
Ketua KPU Jateng Joko Purnomo (Dok. Jowonews)
Ketua KPU Jateng Joko Purnomo (Dok. Jowonews)

SEMARANG, Jowonews.com – DPRD Jateng menghimbau KPU bisa memastikan pencetakan surat suara pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 21 daerah di Jateng tidak akan terlambat. Pasalnya, meski sekarang mulai masuk tahapan pencetakan surat suara, ternyata masih ada tiga daerah yang belum sepakat memasukkan gambar pasangan calon (paslon).

“Saya harap agar masalah itu segera terselesaikan. Jangan sampai membuat proses pilkada jadi terhambat. Terlebih surat suara nanti harus melalui berbagai tahapan untuk didistribusikan,” ungkap anggota Komisi A DPRD Jateng Jasiman, Kamis (22/10).

Bacaan Lainnya

Menurutnya, dalam proses pencetakan harus melalui tahapan lelang yang adil, serta profesional. Jika pemenang lelang tak bisa bekerja optimal, maka akan ada masalah kekurangan surat suara.

“Surat suara kan penting dan itu salah satu hal utama saat pelaksanaan Pilkada serentak. Sehingga harus tepat waktu dan bisa diminimalisir resikonya,” terangnya.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jateng Joko Purnomo mengatakan, kontrak untuk percetakan sudah selesai di 21 kabupaten/kota. Hanya saja, masih ada perbaikan yang perlu dilakukan terkait pemasangan gambar paslon di tiga daerah yakni Kota Surakarta, Kota Semarang, dan Pemalang.

Dijelaskannya, ada foto paslon yang dianggap kurang terang lantaran tidak sinkron dengan warna latar dengan surat suara. “Untuk desain surat suara tidak ada masalah, karena sudah ditentukan melalui PKPU. Jadi tiga wilayah itu, belum sepakatnya bukan masalah desain surat suara, tetapi foto,” ungkap Joko.

Perkara apakah masalah foto yang belum cocok akan mengganggu jalannya percetakkan, Joko mengklaim masalah tersebut tak akan terjadi. Karrena ada batas akhir perbaikan disain surat suara di KPU Daerah yakni paling lambat selesai mencetak pada 15 November. “Sudah ada batas waktunya masing-masing, jadi tidak mengganggu,”pungkasnya. (JN01)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *