60 Persen APK Paslon di Kendal Rusak

  • Whatsapp

KENDAL, Jowonews.com – Sebanyak 60 persen, alat peraga kampanye (APK) pasangan calon bupati/wakil bupati Kendal sebagai media sosialisasi kepada masyarakat mengalami kerusakan. Sehingga APK yang dipasang beberapa waktu lalu ini terkesan sia-sia lantaran fungsinya tidak maksimal dan tidak bisa dilihat oleh warga.

Ketua Panwas Kabupaten Kendal, Supriyadi, mengatakan jika kerusakan APK kedua pasangan calon yakni Widya – Hilmi (Wali) dan Mirna – Masrur (Manis Bersyukur) yang mengalami kerusakan paling banyak adalah jenis umbul-umbul , spanduk dan baliho.

Bacaan Lainnya

“Kalau dipresentase spanduk paling banyak yakni sekitar 30 persen, umbul-umbul 25 persen dan baliho sebesar 5 pesen,” katanya.

Kerusakan APK sendiri, lanjutnya berupa robek, rubuh dan masih banyak lagi. Dirinya pun mengaku telah meminta pihak KPUD Kendal untuk segera memperbaiki ataupun mengganti APK pasangan calon yang mengalami kerusakan.

“Panwas sudah mengirimkan surat rekomendasi ke KPUD Kendal untuk segara memperbaiki ataupun mengganti APK yang rusak. Kalau dibiarkan, kasihan masyarakat dan pasangan calon,” ujarnya.

Dihubungi terpisah, Divisi Sosialisasi dan Pencalonan KPUD Kendal, Hevi Indah Oktaria membenarkan jika ada APK yang mengalami kerusakan. Ia memastikan jika kerusakan APK yang telah dipasang murni karena keadaan alam berupa angin yang kencang. ” Kerusakan bukan karena dirusak, atau tidak sesuai spesifikasi. Melainkan karena keadaan alam yang membuat sejumlah APK sobek ataupun roboh,” jelasnya.

Pihaknya mengaku jika pihak KPUD akan berusaha memperbaiki ataupun mengganti sejumlah APK pasangan calo yang rusak. Penggantian belum bisa dilakukan lantaran anggaran dari KPU pusat belum turun. ” Kerusakan memang tanggungjawab kami, secepatnya akan diganti menunggu turunnya anggaran,” tuturnya.

Menurut dirinya, setiap pasangan valon mendapatkan APK berupa 5 buah baliho untuk tingkat Kabupaten, 20 umbul-umbul untuk 20 Kecamatan dan dua buah untuk setiap desa, serta brosur dan leaflet sejumlah kartu keluarga (KK) warga Kendal. (JN01)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *