Kabut Asap Mulai Melanda Kabupaten Semarang

  • Whatsapp

UNGARAN, Jowonews.com– Kabut asap sejak beberapa hari ini menyelimuti wilayah Kabupaten Semarang dan Kota Salatiga. Diduga asap tersebut terjadi akibat efek dari kebakaran gunung Lawu.

Berdasarkan pantauan Jowonews, Jumat (23/10) pagi hingga sore kemarin kabut asap masih menyelimuti wilayah Kabupaten Semarang. Udara di Kabupaten Semarang juga terasa panas, berbeda dari biasanya.

Bacaan Lainnya

“Beberapa hari ini suhu udara di Salatiga maupun Kabupaten Semarang sangat panas, biasanya tidak sepanas ini. Selain itu suasana juga tidak cerah, seperti diselimuti kabut asap. Biasanya kalau pagi hari saat berangkat kerja di Ungaran, gunungnya kelihatan. Pagi kemarin tidak kelihatan, karena diselimuti kabut asap,” ungkap Kemal Prastowo, 42, warga Kelurahan Cebongan, Kota Salatiga, Jumat (23/10).

Hal sama juga dirasakan Tikno, 55, warga Jl A. Yani Ungaran, sejak pagi kemarin merasakan kabut asap. Dirinya juga belum tahu apa penyebabnya hingga terjadi fenomena tersebut.

“Iya, memang tidak cerah seperti kabut asap. Mungkin akibat kebakaran hutan,” ungkapnya.

Kasie Observasi dan Informasi, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Semarang, Sukarno mengatakan, fenomena kabut asap di udara Kabupaten Semarang diduga dampak kebakaran hutan digunung Lawu Jawa Timur atau kebakaran Gunung Merbabu. Dampaknya masuk ke wilayah Jepara, Solo dan Semarang.

“Kemungkinan ini bisa dampak dari kebakaran hutan di gunung Lawu dan bisa juga Merbabu. Kemungkinan besar dari Gunung Lawu,” kata Sukarno.(JN01)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *