Penataan Kampung Nelayan Jateng Masuki Pembangunan Fisik

  • Whatsapp

SEMARANG, Jowonews.com – Salah satu program Kementerian Kelautan dan Perikanan berupa penataan kampung nelayan di sejumlah titik di Kecamatan Bonang, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, mulai memasuki tahap pembangunan fisik.

“Ada lima titik penataan kampung nelayan di dekat Pelabuhan Morodemak yang saat ini sudah memasuki pembangunan fisik,” kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Jawa Tengah Lalu Muhammad Syafriadi di Semarang, Jumat (23/10).

Bacaan Lainnya

Ia menjelaskan bahwa pada lima kampung nelayan yang akan ditata tersebut akan dibangun rumah susun sederhana sewa khusus untuk nelayan dan diharapkan dapat menjadi percontohan di daerah lain. “Setiap rusunawa yang belum diketahui kapasitasnya secara pasti itu akan dibangun pada lahan dengan luas minimal 2.000 meter persegi,” ujarnya.

Penataan kampung nelayan yang disertai pembangunan rusunawa itu akan diikuti dengan penataan drainase, sanitasi, kebersihan lingkungan, dan akses ekonomi sehingga lingkungan tempat tinggal para nelayan bisa lebih tertata dengan baik.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan bahwa program penataan kampung nelayan di Kabupaten Demak akan menggunakan anggaran yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Nasional.

“Anggarannya dari APBN sudah ada, tinggal menunggu pengadaan lahan oleh Pemerintah Kabupaten Demak, Ganjar berpendapat, program penataan kampung nelayan menjadi hal yang mendesak untuk dilakukan karena selama ini permukiman para nelayan terkesan kumuh dan tidak sehat.

“Selain ditata, nantinya perkampungan nelayan akan dibangun tempat usaha olahan hasil tangkapan ikan agar saat nelayan tidak bisa melaut masih ada pendapatan yang diperoleh,” ujar politikus PDI Perjuangan itu. (JN03/Ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *