PKS Canangkan Gerakan Nasional Tanggap Asap

  • Whatsapp

JAKARTA, Jowonews.com – Presiden Partai Keadilan Sejahtera, Sohibul Iman, mencanangkan Gerakan Nasional Tanggap Asap sebagai wujud keprihatinan dan kontribusi partai ini atas bencana kabut asap yang melanda beberapa wilayah Indonesia.
“Situasi bencana asap semakin mengkhawatirkan, apalagi informasi terakhir yang kami terima, titik api semakin meluas. Kami canangkan Gerakan Nasional Tanggap Asap sebagai bentuk keprihatinan,” katanya, di gedung DPP PKS, Jakarta, Jumat.
Dia mengatakan, kontribusi kader PKS dalam bencana asap bukan kali ini saja, sehingga selama ini pelayanan aktivitas bantuan untuk meringankan beban di daerah terdampak terus dilakukan.
Menurut dia, pencanangan Gerakan Nasional Tanggap Asap (Genta) itu ditujukan agar semua kegiatan menangani asap lebih terkoordinir dan menggema, sehingga semua masyarakat memberikan perhatian yang luas.”Dengan Program Genta diharapkan masyarakat ikut serta memberikan sumbangsih bagi penanganan asap,” ujarnya lagi.
Dia menegaskan, posisi PKS dalam penanganan kabut asap sebagai inisiator, sehingga diharapkan masyarakat memiliki keprihatinan dan bahu membahu menangani bencana tersebut.
Menurut dia, gerakan itu sudah berjalan berupa kegiatan serentak dan berkelanjutan pembagian masker standar kepada masyarakat di wilayah bencana asap. “Kader-kader kami juga telah turun ke lapangan terlibat proaktif dalam upaya pemadaman titik api,” ujarnya lagi.
Sohibul menjelaskan, PKS juga mengupayakan penyediaan tempat penampungan sementara bagi warga yang terdampak langsung, dilengkapi dengan pelayanan kesehatan standar.
Ketua Fraksi PKS di DPR, Jazuli Juwaini mendesak pemerintah bertindak tegas bagi pelaku dan aktor intelektual adanya kabut asap di beberapa daerah. Dia menegaskan, pemerintah harus tegas mencabut izin bagi perusahaan yang terbukti melakukan pembakaran lahan dan diberikan hukuman yang berlaku.”Saya meminta pemerintah pusat dan daerah kompak karena rakyat butuh penyelamatan,” kata dia lagi. (Jn16/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *