Sebanyak 22.781 Haji Asal Solo Sudah Dipulangkan

  • Whatsapp
DPR: Sulitnya Turunkan Biaya Haji
DPR: Sulitnya Turunkan Biaya Haji

SOLO, Jowonews.com – Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Solo Jawa Tengah mencatat sebanyak 22.781 haji sudah pulang ke daerah masing-masing hingga kedatangan Kloter 64 pada Jumat sekitar pukul 10.16 WIB.

Kepala Subbagian Humas PPIH Debarkasi Solo Gentur Rachma Indriadi di Boyolali, Jumat, mengatakan jumlah haji yang sudah dipulangkan ke daerah masing-masing tersebut mencapai sekitar 86 persen dari total jamaah yang diberangkatkan ke Tanah Suci tahun 2015 yakni 26.482 orang.

Bacaan Lainnya

Menurut Gentur, jumlah haji Debarkasi Solo yang masih di Tanah Suci sebanyak 3.701 orang dikurangi haji yang meninggal dunia di Arab Saudi.

Gentur menjelaskan selain Kloter 64 asal Kota Semarang dan Kabupaten Sukoharjo, pada Jumat ini dijadwalkan ada kedatangan Kloter 65 dan Kloter 66 di Bandara Adisumarmo Boyolali.

“Jumlah haji Kloter 64 ini sebanyak 356 orang, setibanya di Asrama Haji Donohudan, langsung dijemput oleh petugas daerah. Mereka sudah dijemput sembilan bus untuk dibawa pulang ke daerah masing-masing,” katanya.

Menurut dia, jamaah haji Kloter 65 asal Kabupaten Sukoharjo dijadwalkan tiba di Bandara Adi Sumarmo sekitar pukul 15.50 WIB dan disusul Kloter 66 asal Kabupaten Brebes dan Karanganyar sekitar pukul 22.40 WIB.

Gentur mengatakan jumlah haji yang dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah Dr Moewardi Solo setibanya di Asrama Haji Donohudan Boyolali hingga sekarang sebanyak 16 orang. Jamaah yang dirawat di RS Arab Saudi sebanyak 10 orang.

Selain itu, Gentur juga menjelaskan jumlah haji yang meninggal dunia di Tanah Suci hingga Jumat siang, sebanyak 79 orang. Hal ini termasuk sembilan orang korban musibah Mina dan satu lainnya akibat jatuhnya alat crane.

Menurut dia, jamaah haji Debarkasi Solo yang meninggal dunia di Tanah Suci sebanyak 79 orang itu, setelah ditambah dua orang lagi yakni Minem Sopawiro (67) warga Tengklik RT 03 RW 07 Nguter Sukoharjo Kloter 65 dan Saheri Duchamid (70) Warga Desa Bumirejo RT 08 RW 05 Kebumen Kloter 37.

Jumlah jamaah haji yang meninggal di pesawat terbang saat perjalanan pulang ke Tanah Air sebanyak empat orang dan asrama haji tiga orang sehingga total jamaah meninggal baik di Tanah Air maupun Tanah Suci sebanyak 86 orang.

“Pada Sabtu (24/10), PPIH Debarkasi Solo dijadwalkan kedatangan tiga kloter jamaah haji yakni Kloter 67 asal Kabupaten Karanganyar dan Sragen sekitar pukul 10.45 WIB, Kloter 68 (Sragen) pukul 17.40 WIB dan Kloter 69 (Sragen dan Klaten) pukul 22.55 WIB,” katanya. (JN03/Ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *