Selain Luncurkan Genta PKS, Dewan PKS Patungan Bantu Bencana Asap

  • Whatsapp

JAKARTA, Jowonews.com – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Keadilan Sejahtera membentuk Gerakan Nasional Tanggap Asap #GentaPKS. Pembentukan ini sebagai salah satu upaya kepedulian PKS dalam penanganan kabut asap yang terjadi di sejumlah daerah di Sumatera dan Kalimantan.

Peluncuran Genta PKS dilakukan oleh Presiden PKS Mohamad Sohibul Iman bersama Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini.  Pada kesempatan itu diserahkan sumbangan dana yang berasal dari tunjangan jabatan anggota dewan dari PKS untuk korban bencana asap.

Bacaan Lainnya

Penyerahan bantuan sebesar Rp Rp 685.788.000,- dilakukan oleh Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini kepada Koordinator Genta PKS Fahmi Alaydroes. “Aleg F-PKS memutuskan untuk menyerahkan sepenuhnya kenaikan tunjangan untuk korban bencana asap,” ujar Jazuli Juwaini.

Sementara Koordinator Genta PKS Fahmi Alaydroes menyatakan bahwa dana sementara sebesar Rp 685.788.000,- akan disalurkan untuk seluruh warga korban bencana asap. “Dana yang ada juga akan dialokasikan untuk mendirikan posko dengan ruangan kedap asap yang dilengkapi dengan penyaring udara,” ujar Fahmi Alaydroes.

Fahmi Alaydroes juga menyerukan untuk menyelenggarakan shalat istisqa di daerah-daerah yang terpapar bencana asap agar Allah menurunkan hujan.

Menurut Presiden PKS, M Sohibul Iman, situasi asap sekarang semakin mengkhawatirkan, titik api semakin meluas karena sampai ke Papua. “Jumlahnya 1.300-1.500 titik api. Ini membuat kami ingin berkontribusi,” ujar Presiden PKS Sohibul Iman, di kantor DPP PKS, Jl TB Simatupang, Jakarta, Jumat (23/10/2015).

Dia menyebut berdasarkan laporan terakhir, jumlah lahan yang terbakar sudah mencapai 7 juta hektar. Jumlah yang terbakar ini sudah tersebar di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, sampai Papua. Sesuai motto berkhidmat untuk rakyat, PKS merasa terpanggil dalam penanganan bencana asap. Ia menekankan kepedulian ini sudah dilakukan oleh setiap kader yang berada di di daerah terkena kabut asap.

Namun, kader yang juga aman dari kabut asap, tetap diinstruksikan untuk memberikan bantuan berupa obat-obatan, masker, sampai dana. “Sejak asap ini ada, kader kami sudah ikut serta memberikan kontribusi pelayanan masyarakat. Di Palangkaraya, Pekanbaru, kita sudah mendirikan posko kesehatan,” tuturnya.

Lanjutnya, ia berharap dengan peluncuran gerakan nasional #GentaPKS ini, maka ada kerjasama dengan berbagai elemen masyarakat untuk meringankan beban masyarakat yang menjadi korban. “Kami berkeinginan agar masyarakat dari berbagai elemen untuk ikut serta memberikan sumbangsih bagi penanganan asap. Ini bisa menjadi penunjukan keprihatinan dan saling bahu membahu,” tuturnya. (JN03)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *