Pesan Sang Nenek untuk Presiden Jokowi

  • Whatsapp

SOLO, Jowonews.com – Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa almarhumah neneknya Sani Wirorejo yang wafat di usia ke-102 tahun pernah berpesan agar tetap menjalankan kehidupan yang benar dan sederhana.

“Nenek saya ini, pesan yang diingat sampai sekarang, ‘lakune sing bener le’ (agar tetap menjalankan kehidupan yang benar) dan kesederhanaan,” kata Jokowi di rumah duka Jalan Ahmad Yani 297 A Gondang Manahan Solo Jawa Tengah, Sabtu (24/10).

Bacaan Lainnya

Selain itu, kesan yang diingat Jokowi dari neneknya tersebut adalah mengajak dirinya yang masih kecil ke desa setiap hari libur atau minggu. “Saya pasti diajak nenek ke desa setiap hari Minggu,” kata Jokowi.

Menurut Jokowi, kenangan tersebut masih diingat sampai sekarang dari neneknya yang wafat pada usia 102 tahun pada Jumat (23/10).

Jokowi terbang ke Solo untuk melayat neneknya tersebut meskipun pada Sabtu sore dijadwalkan untuk bertolak ke Amerika Serikat untuk kunjungan kenegaraan. “Saya harus kembali ke Jakarta dan Sabtu sore berangkat ke Amerika Serikat,” kata Jokowi.

Mantan Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo yang pernah mendampingi Jokowi saat memimpin Kota Solo mengatakan dirinya pertama ketemu nenek Pak Jokowi, Sani Wirorejo, ketika hendak mencalonkan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surakarta bersama Jokowi.

“Pesan yang diingat dari almarhumah kepada Pak Jokowi dan saya agar tetap rukun, tetap hidup sedeharna dan mengutamakan kejujuran serta tulus ikhlas dalam melayani masyarakat,” kata Rudyatmo.

Menurut Rudyatmo, almarhumah pernah memberikan arahan jika ingin hidup sejahtera dan tentram agar selalu bersyukur apa yang diberikan dari Tuhan Yang Maha Esa.

Sementara jenazah Sani Wirorejo setelah disemayamkan di rumah duka Jalan Ahmad Yani Nomor 297 RT06/RWII Gondang, Kelurahan Manahan, Banjarsari, Kota Solo, rencana dimakamkan di Desa Mundu, Karanganyar sekitar pukul 13.00 WIB.

Sani wafat dengan meninggalkan tiga anak yakni H. Miyono Suryo Sarjono, Hj. Noto Miharjo yang juga ibunda Jokowi dan H. Setiawan Prasetyo. Almarhumah memiliki 12 cucu termasuk salah satunya Presiden Jokowi dan 24 buyut. (JN03/Ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *