Polantas Kudus Tilang 700 Pelanggar

  • Whatsapp
Ilustrasi Razia Polisi
Ilustrasi Razia Polisi

KUDUS, Jowonews.com – Hingga hari keempat dalam giat operasi Zebra 2015, Satlantas Polres Kudus setidaknya telah mengeluarkan 700 bukti pelanggaran (tilang) kepada pengendara sepeda motor.

“Ini hari keempat dari empat hari yang direncanakan, dalam giat ini. Dengan adanya operasi ini kami ingin masyarakat semakin sadar untuk tertib lalu lintas,” kata Kasatlantas Polres Kudus, AKP Billy Hildiario, Senin (26/10).

Bacaan Lainnya

Disampaikan, tilang pihaknya juga melakukan teguran terhadap ratusa pengendara lain, yang dinilai kurang tertib berlalu lintas. Misalnya, pembonceng anak-anak yang tak mengenakan helm.

“Mayoritas masyarakat memandang anak kecil itu tak perlu pakai helm, padahal itu kan demi keselamatan juga. Yang seperti itu, kita berikan teguran dan pengertian,” ujarnya.

KBO Satlantas Polres Kudus, Iptu Anwar, mengatakan teguran diberikan kepada setidaknya 400-an pengendara motor. Menurut dia, mayoritas yang ditegur adalah mereka yang tak mengancingkan helm saat berkendara.

Sementara, menurutnya, pelanggar yang ditilang mayoritas adalah mereka yang juga tak mengenakan helm. “Ada juga pengendara pakai helm, pemboncengnya tidak,” tuturnya.

Dalam razia kali ini, papar Anwar, pihaknya juga melibatkan maskot Zebra. Menurut dia, pelibatan maskot ini untuk menghilangkan kesan seram petugas, terutama terhadap anak-anak.

“Jadi mereka lihat petugas itu tak lagi timbul rasa seram. Sehingga kita lebih mudah dalam melaksanakan sosialisasi,” ujar dia. (JN04/JN03)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *