105 Sekdes di Temanggung Ikuti Uji Kompetensi

  • Whatsapp
Ilustrasi PNS. (Foto : Antara)
Ilustrasi PNS. (Foto : Antara)

TEMANGGUNG, Jowonews.com – Sebanyak 105 perangkat desa di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, yang menjalankan tugas (YMT) sebagai sekretaris desa, mengikuti uji kompetensi di SMK Swadaya Temanggung, Rabu.

Bupati Temanggung Bambang Sukarno pada pembukaan uji kompetensi tersebut mengharapkan kepada seluruh peserta agar mengikuti uji kompetensi dengan sungguh-sungguh supaya bisa lulus semua.

Bacaan Lainnya

Ia menuturkan para perangkat yang selama ini sudah menjalankan tugas sebagai sekdes dengan status YMT jika nanti lulus uji kompetensi bisa menduduki jabatan sekdes secara definitif.

“Saya berharap melalui uji kompetensi ini menghasilkan calon-calon sekdes berkualitas sehingga nantinya bisa menjalankan tugas dengan baik sesuai ketentuan guna menunjang kelancaran pemerintahan desa,” katanya.

Asisten Administrasi Sekda Temanggung Sigit Purwanto mengatakan uji kompetensi diselenggarakan untuk mengisi kekosongan sekdes di sejumlah desa.

“Melalui uji kompetensi ini diharapkan bisa mendapatkan sekdes yang profesional, berdisiplin, dan memiliki kinerja yang baik,” katanya.

Ia menyebutkan ujian kompetensi diikuti 105 perangkat desa yang menjabat YMT sekdes dan memenuhi persyaratan, yakni menjabat YMT sekdes aktif dan berijazah minimal SLTA/sederajat.

Ia menuturkan ada 12 YMT sekdes yang tidak ikut ujian karena tidak memenuhi syarat ijazah dan tidak berminat.

“Ujian kompetensi dilaksanakan selama dua hari dibagi dua gelombang, yaitu Rabu dan Kamis (29/10),” katanya.

Ia mengatakan materi ujian kompetensi meliputi ujian tertulis metode pilihan ganda dan ujian praktik tentang komputer, keuangan desa, dan administrasi serta tata naskah desa. Pengumuman kelulusan dijadwalkan paling lambat satu minggu ke depan. (JN03/Ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *