Miniatur Kendaraan Bermotor Dari Tulang Ayam

  • Whatsapp

CIREBON, Jowonews.com – Pengerajin di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, menggunakan tulang ayam untuk dijadikan miniatur motor seperti mobil sepeda dan juga becak.

“Saya gunakan limbah tulang ayam untuk membuat suatu kerajinan miniatur motor maupun mobil dan bahkan sepeda,” kata Heriyanto seorang pengerajin miniatur limbah tulang ayam, Rabu.

Bacaan Lainnya

Semua miniatur itu dibuat dari limbah dan yang mendominasi adalah limbah tulang ayam, dia juga menggunakan limbah yang lain untuk membuat sebuah miniaturnya yaitu ada yang dari tutup bedak untuk roda dan juga dari limbah yang tidak terpakai.

Ia menuturkan ide pembuatan miniatur yang berbahan limbah itu secara otodidak dimana ia merasa bertanggung jawab dengan keadaan yang terjadi dilingkungannya yang limbah-limbah tersebut berserakan dan menjadikan lingkungannya kumuh.

“Awal mula ide pembuatan miniatur ini ketika melihat limbah yang berserakan di lingkungan dan saya trgugah untuk memanfaatkannya,” tuturnya.

Ia menambahkan setelah tiga tahun ia bergerak di dunia limbah menjadikan ia kesulitan untuk mendapatkan limbah yang dibutuhkan yaitu limbah tulang ayam. Ia harus membeli serta bekerjasama dengan rumah makan untuk bisa mendapatkan limbah tulang ayam tersebut.

“Kalau untuk tulang ayam sekarang lumayan sulit untuk dicari dan saya harus bekerjasama dengan beberapa rumah makan untuk membeli tulang tersebut sebesar Rp5000 per bungkusnya,” tambahnya.

Selain membuat kerajinan dari limbah tulang ayam dia juga memanfaatkan limbah yang lainnya untuk dijadikan sebuah kerajinan yang mempunyai daya jual.

Ia mengaku setelah lulus SMP dirinya ingin membuat karya dari limbah dan memanfaatkan limbah.

“Sudah ada beberapa limbah yang saya sulap untuk dijadikan bermacam-macam miniatur,” tambahnya.

Pemasarannya pun sudah merambah ke-beberapa kota di Indonesia dengan sistem onlain dan ada juga yang di jajakan sendiri serta kerjasama dengan pemilik toko sofenir.  (Jn16/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *