WALHI Sumbar Akan Bagikan Masker Di Sijunjung-Dharmasraya

  • Whatsapp

PADANG, Jowonews.com – Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Sumatera Barat, berencana mengadakan aksi solidaritas untuk para korban asap di Kabupaten Sijunjung dan Dharmasraya pada Minggu (1/11) dengan membagikan masker kepada masyarakat setempat.

Manager Advokasi dan Kampanye Walhi Sumbar, Abdul Halim di Padang, Kamis, mengatakan kegiatan serupa juga sudah diadakan di Kota Padang pada Rabu (28/10) dimana aksi ini dilatarbelakangi atas keprihatinan dan kondisi kabut asap yang semakin berbahaya bagi kesehatan masyarakat.

Bacaan Lainnya

Meskipun penyakit tidak muncul secara konstan, namun menghirup udara yang sudah berada pada level tidak sehat akan dapat berakibat buruk dalam jangka panjang, katanya.

Dari pembicaraan pengurus Walhi dan pemerhati lingkungan lainnya, maka terbentuklah rencana aksi solidaritas ini dengan tujuan yang sama membantu dan mengadvokasi masyarakat terkait bahaya kabut asap.

Karena itu selain membagikan masker Walhi juga akan menyebar selebaran yang berisi tentang informasi bahaya kabut asap dan cara penanggulangannya.

Kemudian Walhi Sumbar juga akan menyediakan sejumlah rumah penampungan bagi korban asap di Kota Padang. Ruangan yang akan disterilkan ini bisa menjadi alternatif bagi warga yang di tempatnya tidak sehat untuk bertahan.

“Rumah penampungan ini akan kita prioritaskan bagi kelompok berbahaya dan rentan, seperti bayi dan lansia,” katanya.

Rumah penampungan ini nantinya bukan hanya untuk masyarakat di Sumbar tapi juga siap menerima warga dari provinsi tetangga Riau, Jambi yang ingin mengungsi sementara ke Padang.

Ia mengatakan Walhi juga sudah membuka Rekening Lumbung Derma dengan nomor rekening 1530017171 Bank Mandiri Syariah Cabang Padang.

Dana ini nantinya akan digunakan untuk kegiatan sosial dan juga kebutuhan logistik untuk rumah penampungan.   (Jn16/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *