BPOM Grebeg Gudang Kosmetik Ilegal

  • Whatsapp

SUKOHARJO, Jowonews.com  – Badan Pemeriksa Obat dan Makanan (BPOM) Jateng menggrebeg sebuah rumah di Kelurahan Begajah, Sukoharjo yang digunakan sebagai gudang kosmetik ilegal. 

Pemilik rumah, STR adalah distributor kosmetika illegal. Setelah dilakukan pemeriksaan selama enam jam, petugas menyita 17.155 kemasan kosmetik dari berbagai jenis dan merek.

Bacaan Lainnya

“Tim terpadu BPOM, Badan Lingkungan dan Polisi melakukan penertiban kosmetik tanpa ijin. Sebelumnya kami melakukan pengecekan dan pemantauan di pasar, kemudian ketemu alamat sini sebagai distributor dan gudangnya, ” kata Kabid Pemeriksaan dan Penyidikan BPOM Jateng, Seta Rina Pujiastuti, Jumat (30/10).

Dari hasil pemeriksaan oleh tim, total aset kosmetik distributor yang disita mencapai Rp 350 juta. Dari pengakuan pemilik kepada petugas, barang-barang ini sudah beredar di seluruh Soloraya dalam beberapa waktu terakhir.

 Jika terbutki bersalah, pemilik atau pengedar kosmetika yang tidak dilengkapi dengan ijin edar akan dijerat dengan UU Kesehatan Nomor 36 Tahun 2009, Pasal 197 tentang Kesediaan Farmasi Tanpa Izin Edar. Pelaku terancam hukuman maksimal 15 tahun penjara dan denda senilai Rp 1,5 miliar.

“Semua barang kosmetika ini kita bawa ke Semarang dan akan kita periksa apakah mengandung zat berbahay atau tidak, dan pelaku akan kita panggil juga untk dimintai keterangan lebih lanjut,” tandasnya. (JN01)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *