Sebanyak 98 Desa Belum Cairkan ADD Tahap II

  • Whatsapp
Ilustrasi Uang. (Foto : IST)
Ilustrasi Uang. (Foto : IST)

KUDUS, Jowonews.com– Tercatat sebanyak 98 desa belum mencairkan alokasi dana desa (ADD) pada tahap II atau semester ke dua tahun ini. Baru sebanyak 25 desa sisanya, yang sudah berhasil mencairkan ADD.

Kepala Bagian Pemerintahan Desa Sekretariat Daerah Kabupaten Kudus Adi Sadono menerangkan belum cairnya ADD bagi sebagian besar desa itu karena saat ini masih memasuki proses verifikasi di tingkat kecamatan.

Bacaan Lainnya

“Kecamatan sekarang ini masih melakukan verifikasi. Proses tersebut diantaranya, memverifikasi sisi persyaratan pengajuan ADD, rencana penggunaan ADD tahap II, laporan realisasi tahap I, dan lainnya,” kata Adi Sadono Senin kemarin.

Setelah diverifikasi di kecamatan, hasilnya akhirnya akan disetorkan ke Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Kudus untuk proses pencairan.

Dia mengatakan, target proses verifikasi bulan ini, (Oktober). Hal ini agar dalam dua bulan sisa tahun anggaran, besaran alokasi dana desa dapat terserap dengan baik. Sehingga, realisasi kegiatan dapat segera terlaksana.

Pihaknya optimistis penyerapan dapat berjalan sesuai perencanaan. Sebab, sebelum dilakukan penyerapan sudah terbahas dalam Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (RAPBDes).

“Penyusunan RAPBDes itu juga berdasarkan masukan dari proses rembug desa untuk menyerap aspirasi dari masyarakat,” imbuhnya.

Ia menyampaikan besaran ADD pada tahap ini untuk seluruh desa sebanyak Rp 98,1 miliar. ADD terbesar diperoleh Desa Kandangmas Kecamatan Dawe sejumlah Rp 1,26 miliar. Sedangkan ADD dengan nominal terkecil diterima Desa Kauman Kecamatan Kota yang hanya sebesar Rp 588 juta.

Adapun rincian penggunaan alokasi dana desa (ADD) tahap II ini 30 persen dari anggaran yang diterima masing-masing desa digunakan untuk penghasilan tetap bagi kepala desa dan perangkat desa. Sedangkan 70 persen harus disalurkan untuk pemerintahan, pembangunan, kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat. (JN04/JN03)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *