Ganjar Ancam Sanksi Petugas Jembatan Timbang yang Tarik Pungli

  • Whatsapp
Jembatan Timbang foto: koranborgol.com

PATI, Jowonews.com – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengancam akan menjatuhkan sanksi tegas berupa pemecatan atas petugas jembatan timbang yang terbukti melakukan pungutan liar saat menjalankan tugas.

“Saya minta semuanya berubah, jangan lagi ada pungli, siap berubah kan? Kalau tidak siap saya ‘sembelih’ lho,” kata Ganjar, di Kabupaten Pati, Rabu (4/11).

Bacaan Lainnya

Pernyataan tersebut disampaikan Ganjar saat memberikan pengarahan di hadapan ratusan petugas jembatan timbang se-Jateng di kantor Bakorwil I Pati.

Ganjar mengharapkan inspeksi mendadak yang dilakukannya di jembatan timbang di Kabupaten Batang dan Sarang, Kabupaten Rembang beberapa waktu lalu menjadi pelajaran bagi semuanya terkait dengan praktik pungli. 
“Para petugas jembatan timbang di lapangan juga harus selalu melayani masyarakat secara baik agar tidak ada keluhan,” ujarnya.

Kendati demikian, Ganjar mengakui jika jumlah keluhan masyarakat mengenai jembatan timbang di Jateng sudah menunjukkan penurunan yang cukup siginifikan.

Ganjar menginginkan agar reformasi di jembatan timbang dapat meniru reformasi pembayaran pajak kendaraan bermotor di kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat), yang sebelumnya identik dengan masalah pungli para petugasnya.

“Dulu itu di Samsat banyak keluhan pungli tapi sekarang berkurang karena ada penertiban, kalau dulu ada yang nakal dan pendapatannya banyak sekarang jadi turun,” katanya.

Selain pelayanan, Ganjar juga menyoroti ketertiban dan kebersihan di kantor jembatan timbang yang perlu mendapat perhatian dari pengelolanya karena masih banyak yang kotor. (JN03/Ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *