LPMK Diminta Ajukan Proposal Pencairan Dana Hibah

  • Whatsapp

SOLO, Jowonews.com – Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) di Solo diminta segera mengajukan proposal pencairan dana hibah, karena sampai sekarang masih banyak bantuan tersebut yang belum dicairkan.

“Masih ada ratusan penerima dana hibah keagamaan belum mencairkan dana hibah,” kata Kasubag Administrasi Penataan Kota Bagian Pemerintahan Umum Pemkot Surakarta Nunuk Marihastuti di Solo, Rabu.

Bacaan Lainnya

Ia mengatakan dana hibah tersebut masih mengendon di kas daerah, padahal pencairan dana hibah sudah disosialisasikan melalui kelurahan masing-masing.

“Pemindahan kewenangan penanganan dana hibah keagamaan dari Bagian Kesejahteraan (Kesra) ke Bagian Pemerintahan sudah selesai. Jadi LPMK harusnya segera mengajukan proposal untuk pencairan dana,” katanya.

Ia mengatakan ada pengalihan kewenangan dana hibah keamaan dari Kesra ke Bagian Pemerintahan Umum. Pengalihan kewenangan ini sesuai dengan instruksi dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Aturannya kewenangan dana hibah harus ditangani lembaga yang berbadan hukum di pemerintah.

“Karena yang berbadan hukum itu ada di Bagian Pemerintahan Umum, maka dialihkan dari Kesra ke Bagian Pemerintahan Umum,” kata Nunuk.

Ia mengatakan pengalihan kewenangan dilakukan pula untuk mempermudah laporan pertanggungjawaban. Apalagi penerima dana hibah adalah tempat ibadah yang berada di masing-masing lingkungan kelurahan. Sedangkan kelurahan berada di bawah langsung Bagian Pemerintahan Umum.

Meski sisa waktu tutup tahun anggaran tinggal beberapa bulan, Nunuk optimistis dana hibah bisa terserap ke masyarakat.

“Pengalihan kewenangan ini memang membutuhkan proses, dari ditangani Bagian Kesra dipindah ke Bagian Pemerintahan, termasuk penyesuaian prosedur dalam pengelolaan dana dan laporan pertanggungjawaban (LPj),” katanya.

Proses tersebut, lanjutnya, membuat waktu pencairan dana hibah semakin mepet. “Tapi saya yakin semuanya bisa diselesaikan dengan sisa waktu yang ada ini,” katanya.    (Jn16/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *