BMKG : Kualitas Udara Bukit Tinggi – Agam Sudah Normal

  • Whatsapp

PADANG, Jowonews.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun GAW Koto Tabang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar) melaporkan kualitas udara di Bukittinggi, Agam dan sekitarnya sudah kembali normal dan masuk kategori baik.

“Kualitas udara telah kembali normal berdasarkan pantauan konsentrasi PM10 dan Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU) sudah berkategori baik sejak Selasa (3/11) hingga Jumat (6/11),” kata Kepala Seksi Meteorologi BMKG GAW Koto Tabang, Budi Satria saat dikonfirmasi dari Padang, Jumat.

Bacaan Lainnya

Ia mengatakan pantauan PM10 menunjukkan angka 46 ug/m3 pada Selasa (3/11), 29 ug/m3 pada Rabu (4/11), 21 ug/m3 pada Kamis (5/11), pantauan terakhir pada Jumat (6/11) pukul 06.00 ialah 29 ug/m3 dan seluruhnya maauk kategori baik.

“Perubahan kualitas udara yang kembali normal di daerah tersebut disebabkan turunnya hujan secara merata di wilayah Sumbar dalam beberapa hari terakhir,” kata dia.

Selain itu, berkurangnya titik panas di Sumateta dari sekitar 500 titik hingga tidak ada lagi yang terdeteksi oleh satelit NOAA-18 pada Kamis (5/11) juga berdampak pada kualitas udara yang semakin baik di daerah tersebut.

“Walaupun masih tersisa titik panas, namun hal itu tidak akan berpengaruh pada kualitas udara Sumbar selama adanya potensi turun hujan yang merata,” ujar dia.

Ia mengatakan meningkatnya peluang hujan di Sumatera terutama di bagian utara dan tengah menyebabkan berkurangnya sebaran kabut asap.

Sementara salah seorang warga Bukittinggi, Imran (52) mengatakan hujan yang terjadi beberapa hari terakhir berdampak baik pada kualitas udara di daerah itu.

“Kabut asap yang menyelimuti Bukittinggi dan sekitarnya sudah mulai hilang dan warga berharap keadaan ini dapat bertahan,” kata dia.

Ia berharap pemerintah dapat segera menyelesaikan permasalahan kebakaran hutan yang masih tersisa di beberapa daerah Sumatera agar kualitas udara yang telah normal di daerah tersebut dapat di pertahankan.   (Jn16/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *