Polri Tidak Akan Catat Perolehan Suara Pilkada

  • Whatsapp
ilustrasi

JAKARTA, Jowonews.com – Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haiti menekankan pihaknya tidak akan mencatat hasil perolehan suara dalam pemilihan kepala daerah serentak untuk meminimalisir terjadinya konflik perhitungan suara.

“Mabes Polri tidak akan mencatat hasil Pilkada, karena kalau kita catat nanti hasilnya dicurigai dan jika tidak sama dengan hasil (rekapitulasi) KPU ini menjadi problem tersendiri,” kata Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haiti dalam sambutannya saat Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pemantapan Pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2015 di Ancol, Jakarta, Kamis.

Bacaan Lainnya

Kapolri menyatakan berkaitan pilkada serentak, pihaknya hanya akan fokus terhadap kegiatan keamanan. Menjelang masa kampanye Polri mengerahkan separuh dari total kekuatan yang ada guna mengamankan pilkada serentak.

“Polri tidak sendiri, namun ada juga bantuan dari pihak TNI dan kami dibantu Satpol PP,” kata Badrodin.

Dia mengatakan sejauh ini Polri telah memetakan potensi konflik di berbagai daerah di Indonesia dengan berbagai cara, misalnya dengan mempelajari sejarah konflik di suatu daerah, hingga mengantisipasi potensi-potensi yang dapat memicu konflik.

Kapolri juga telah menginstruksikan seluruh polda dan polres di suatu daerah untuk siap memberikan bantuan kepada daerah lain manakala diperlukan.

“Mana kala terjadi gejolak di satu polres maka akan di-‘back-up’ dari polres tetangganya atau dari polda,” jelas dia.   (Jn16/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *